Tampilkan Bawor, Petruk dan Gareng. Kontingen IAIN Purwokerto Meriahkan Kirab Pusaka Hari Jadi Banyumas

Pemerintah Kabupaten Banyumas melaksanakan Kirab Pusaka Hari Jadi ke 449 Kabupaten Banyumas, Minggu 16 Februari 2020. Kirab diberangkatkan dari Pendopo Wakil Bupati menuju Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas.

Sejumlah 72 kontingen dari unsur Dinas dan Kecamatan, Lembaga Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan Organisasi Kemasyarakatan turut berpartisipasi dalam kirab tersebut.

Pada kirab tersebut Kontingen IAIN Purwokerto menampilkan sosok Bawor, Petruk dan Gareng. Sedangkan teman satu timnya mengikuti dengan mengenakan beskap yang mencirikan budaya Banyumasan. Tokoh Bawor sendiri dianggap sebagai simbol identitas masyarakat Banyumas.

Ikhsanudin, Sugeng Rahmanto dan Yudiantoro adalah pegawai IAIN Purwokerto yang dipilih untuk mengenakan sosok Bawor, Petruk dan Gareng.

Tema yang dibawa oleh kontingen IAIN Purwokerto adalah membangun sinergitas budaya Banyumasan untuk menumbuhkembankan potensi lokal. Hal ini sejalan dengan salah satu program utama IAIN Purwokerto yakni fokus pada kajian dan pengembangan budaya penginyongan.

“ini untuk pertamakalinya IAIN Purwokerto diundang mengikuti kirab, insya Allah tahun depan akan menampilkan yang lebih meriah, dengan corak dan budaya yang lebih beragam,”kata Hargiyanto selaku penanggungjawab kontingen.

Print Friendly, PDF & Email