Studium General UIN SAIZU, Kuatkan Kompetensi Lulusan

Purwokerto—UIN SAIZU Purwokerto menggelar Studium General Penguatan Kompetensi Lulusan: Peluang dan Tantangan Mahasiswa di Era Society 5.0. Acara menyambut semester gasal ini dilaksanakan untuk menguatkan kompetensi para lulusan UIN SAIZU dalam menghadapi era society 5.0. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube (14/09/2021).

Narasumber dalam stadium general ini adalah Prof. Dr. Suyitno, M.Ag., Direktur PTKI Dirjen Pendis Kementerian Agama RI. Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D., Direktur Pendidikan Tinggi dan IPTEK Kementerian PPN/Bappenas, dan Prof. Dr. Phil. H.M. Nur Kholis Setiawan, M.A. dosen UIN SAIZU.

Rektor UIN SAIZU, Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag., menyampaikan bahwa UIN SAIZU selalu berusaha meningkatkan kualitas dan mutu untuk para mahasiswa.

“Kita selalu berupaya melengkapi fasilitas dan mengupgrade dosen sebagai tenaga pengajar untuk melakukan penelitian dan kerjasama dengan menghadirkan orang-orang penting untuk menyebarkan virus-virus akademik di kampus kita ini. Siapapun yang masuk kampus harus berusaha untuk lulus tepat waktu, berkiprah menjadi pejuang-pejuang bangsa. Mahasiswa atau alumni juga harus meningkatkan keilmuan dimanapun berada, berdakwah untuk kemaslahatan umat, menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mengisi kemerdekaan dengan cara yang bermartabat untuk meninggikan derajat bangsa Indonesia,” jelasnya.

Prof. Dr. Phil. H.M. Nur Kholis Setiawan, M.A. menyampaikan beberapa contoh teladan keilmuan keislaman. Diantaranya adalah jadilah mahahsiswa yang tidak berhenti belajar, mahasiswa yang optimis dan tidak berputus asa. menjadi pribadi yang ceria. Mahasiswa yang kooperatif dalam hal kebenaran, dan yang terakhir adalah menghargai diversivitas kemampuan. 5 hal di atas penting dikarenakan mahasiswalah yang akan mengisi negara dan akan menjadi kekuatan yg luar biasa bagi negara tercinta ini.

Tatang Muttaqin, S.Sos., M.Ed., Ph.D., menyampaikan bagaimana kapitalisasi dan mobilisasi menjadi kekuatan awal mahasiswa saat ini.

“Kapitalisasi dan mobilisasi menjadi kekuatan awal untuk menjadi titik terang teman-teman mahasiswa. Semangat Prof. K.H. Saifuddin Zuhri dan Lukman Hakim yang menjadi Menteri Agama menumbuhkan spirit untuk meningkatkan semangat belajar (growth mindset) teman-teman mahasiswa. Mahasiswa harus bisa mencari inovasi dengan imajinasinya yang ke depannya akan menjadi legasi bagi UIN SAIZU,” ungkapnya.

“Jadilah pribadi pembelajar yang sungguh-sungguh,” pungkasnya memberi semangat.

(Tim Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email