• Sistem Kredit

Sistem Kredit Semester (SKS) adalah pem­berian penghargaan terhadap beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar, dan beban penyelenggaraan pendidikan dinyatakan dengan kredit. Dalam Sistem Kredit, setiap matakuliah ditentukan oleh waktu dan keberhasilan mahasiswa da­lam menyelesaikan tugas-tugas perku­liahan, praktikum, kuliah lapangan, dan tugas-tugas lainnya.

  1. Semester

Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya suatu pro­gram pen­didikan. Satu semester setara dengan 14 minggu, yang mencakup kegiatan per­kuliahan, praktikum, dan kerja lapangan. Adapun evaluasinya dilaksanakan dalam bentuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

  1. Sistem Kredit Semester (SKS)

Sistem Kredit Semester (SKS) merupakan suatu sistem penyeleng­garaan pen­didikan, di mana beban studi mahasiswa, beban studi dosen, dan beban pe­nyelenggaraan lem­baga pendidikan dinyatakan dalam satuan Sistem Kredit Semester.

  1. Satuan kredit semester (sks)

Satuan kredit semester (sks, singkatan tidak memakai huruf kapital) adalah satuan yang digunakan untuk menya­takan nilai kredit, besarnya beban studi, dan pengakuan keberhasilan tenaga pengajaran, beban tugas, dan pengakuan keberhasilan penye­lenggaraan program pendidikan. 

  1. Kekhususan Sistem Kredit Se­mester

Penyelenggaraan pendidikan dengan Sistem Kredit Semester mempunyai ciri khusus, antara lain:

  1. Dalam sistem kredit semester, mata­kuliah diberi harga yang disebut nilai kredit. Besar-kecilnya nilai kredit setiap matakuliah tidak sama, bergantung pada banyaknya materi dan waktu yang diperlukan.
  2. Besar-kecilnya nilai setiap mata­kuliah yang diperoleh mahasiswa diten­tukan atas dasar besar-kecilnya tugas-tugas perkuliahan, praktikum, pem­buatan laporan, dan lain seba­gainya.
  3. Setiap mahasiswa mempunyai ke­bebasan untuk menentukan:
  • Matakuliah dan kegiatan studi lainnya yang diprogram da­lam semester tertentu.
  • Perencanaan studi pada semes­ter 3 ke atas yang didasarkan pada hasil studi yang diperoleh pada semester sebe­lumnya.
  • Jangka waktu untuk menye­lesaikan beban studi yang telah ditetapkan dalam kuri­kulum.
  1. Jumlah dalam satuan kredit dan beban studi yang diperoleh ma­hasiswa pada semester tertentu sangat ditentukan oleh kecakapan dan kemampuan mahasiswa pa­da se­mester sebelumnya.