Seminar Nasional dan Launching Buku Febilovers

“Literasi Sastra Sebagai Agen Perubahan Ekonomi Bangsa” adalah tema dalam Seminar Nasional dan Launching Buku Antalogi Puisi Febisme 2, Rabu (21/11) di Auditorium IAIN Purwokerto, seminar yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Purwokerto ini menghadirkan Hanna Fransisca seorang Penyair, peraih penghargaan tokoh sastra Majalah Tempo dan Faiz Adittian Ahyar editor buku Antalogi Puisi Febisme 2.
“Tema yang diusulkan cocok karena kebetulan saya adalah penyair sekaligus pelaku usaha, tetapi benarkah ada hubungan erat antara bacaan sastra dan perbaikan ekonomi sebuah bangsa, “tanya Hanna dihadapan 400 peserta seminar.
Kemudian Hanna menceritakan kisah pengusaha super kaya yang mengalami taraf kebosanan karena hampir semua kenikmatan telah dilaluinya dan juga mengisahkan pengusaha yang kekakayaannya tidak terlalu melimpah tapi seumur hidupnya adalah mengejar uang, hingga akhirnya mengalami penyakit yang berbahaya sampai kemudian meninggal, itu terjadi karena pola makan dan hidupnya yang tidak teratur ditambah stres.
Dijelaskan, dua cerita di atas adalah adalah contoh hidup yang kehilangan makna, karya sastra memberi makna kehidupan yang luas kepada pembacanya dan memberi pengalaman imajinasi tentang berbagai hal kepada pembacanya. Untuk itulah kenapa karya sastra sangat penting dibaca atau dikenalkan sejak anak-anak.
“saya beruntung karena sejak kecil dikenalkan orangtua terutama nenek dengan berbagai ragam cerita sehingga meskipun hanya tamat SMP, pengetahuan saya tentang dunia luar bisa saya dapatkan melalui dongeng-dongeng mereka, “katanya.
“Jadi kalau ditanya apa keuntungan secara ekonomi maka satu jawabannya adalah membuat saya bahagia, banyaknya membaca sastra itulah saya memiliki banyak ide dan imajinasi kreatif untuk mengembangkan usaha dan dianugerahi kelembutan hati untuk merasakan berbagai penderitaan orang lain, “tuturnya.
Sementara itu Launching buku Antalogi Puisi Febisme 2 diulas oleh Faiz Adittian Ahyar, buku yang dikenal dengan “febilovers” itu adalah karya mahasiswa program studi Perbankan Syariah yang diterbitkan oleh STAIN Press. (acm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *