Selamat Hari Lahir Pancasila, Rektor UIN SAIZU: Muslim Pancasilais Junjung Tinggi Kebinekaan

Purwokerto-Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto memperingati hari lahir Pancasila dengan menggelar upacara secara luring menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat pada (01/06).

Rektor UIN Saizu Dr. Moh. Roqib, M.Ag., menyampaikan beberapa poin penting tentang semangat Pancasila bagi civitas akademika UIN Saizu.

“Sebagai Kampus yang telah resmi menjadi UIN hendaknya kita memberi contoh teladan sekaligus panutan sebagai muslim Pancasilais yang moderat, ramah, santun dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebinekaan,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut Rektor juga memberikan himbauan untuk bersama-sama bersyukur atas peresmian UIN Saizu yang bertepatan dengan tanggal ganjil di akhir Ramadhan.

“Kita patut bersyukur karena UIN Saizu di resmikan bertepatan dengan 29 ramadhan 1442 di akhir malam ganjil yang orang muslim sering menanti lailatul qodar, dan semoga resminya UIN Saizu bertepatan dengan lailatul qodar sehingga menambah keberkahan bagi seluruh keluarga besar UIN Saizu,” ungkapnya.

“Tidak hanya itu perpres yang di keluarkan oleh Presiden tentang alih status UIN bernomor 41, ini juga menjadi berkah tersendiri karena angka 41 merupakan angka yang sering digunakan di dunia pesantren untuk berwirid memohon hajat sehingga secara tidak langsung ini merupakan hasil dari doa-doa segenap keluarga UIN Saizu sehingga kita bersama bisa naik ke tingkat yang lebih tinggi,” tambahnya.

Roqib juga mengatakan untuk senantiasa optimis meningkatkan prestasi untuk menjadi kampus terbaik.

“Kita harus senantiasa optimis dengan naiknya IAIN menjadi UIN, dengan bersama-sama meningkatkan prestasi, kualitas kampus, dan kebersamaan, sehingga menjadi kampus terbaik di Jawa Tengah dan di Banyumas Raya,” katanya.

“Secara pribadi saya memohon doa kepada seluruh keluarga besar UIN Saizu untuk kesembuhan K.H. Zawawi Imron yang merupakan pembuat logo UIN Saizu. Sedikit yang di ceritakan beliau tentang logo UIN Saizu bahwa logo tersebut dibuat berdasarkan hasil istikharoh dan riyadhah beliau sehingga munculnya logo tersebut benar-benar petunjuk dari Allah. Dalam logo tersebut tersirat pesan bahwa semakin tinggi ilmu seseorang maka akan semakin tunduk dan sujud kepada Allah SWT dan semakin meningkatkan ketaqwaan kepada Allah,” pungkasnya. (Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email