Rektor Jelaskan Arah dan Kebijakan Dalam Raker IAIN Purwokerto Tahun 2020

Rektor IAIN Purwokerto Dr. Moh. Roqib mengatakan bahwa visi kepemimpinan IAIN Purwokerto adalah menjadi perguruan tinggi yang religius dan berkelas dunia, diantaranya dengan menyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang profesional, inovatif dan berwawasan global serta menciptakan lingkungan budaya akademik yang religius, sehat dan dinamis.

Untuk mewujudkan hal di atas, Rektor menjelaskan program kerja utama IAIN Purwokerto tahun 2019-2023. Dengan tahapan tahun 2019-2020 mengembangkan pembelajaran integratif dengan memaksimalkan peran ICT, kemitraan dan prodi terakreditasi unggul. Tahun 2020-2021 optimalisasi kerjasama dengan berbagai pihak dengan fokus kajian dan pengembangan budaya Banyumas Raya dan Melayu/Nusantara Raya. Sedangkan tahun 2021-2022 menjadi perguruan tinggi model, terakreditasi AIPT A dan beralih status menjadi UIN SAIZU Purwokerto. Kemudian tahun 2022-2023 menambah, menguatkan, dan mematangankan kualitas lembaga dengan perluasan jejaring lokal, regional, dan internasional, jurnal, SDM, guru besar, fakultas, dan prodi sehingga UIN Saizu Purwokerto diakui dunia.

Kemudian Rektor menguraikan indikator peningkatan mutu empat tahun kedepan, yaiu peningkatan mutu akademik dan lulusan, peningkatan mutu institusi, dan peningkatan jejaring akademik-sosial.

“Prioritas tahun 2020. Pertama, tingkatkan kinerja dengan komunikasi efektif dan disiplin, serapan anggaran meningkat jadi 93%. Kedua, peningkatan kualitas jurnal, karya ilmiah mahasiswa, HAKI penelitian dan pengabdian, data yang lengkap dan akurat dan pemanfaatan media untuk semua. Ketiga, percepatan guru besar, penambahan tenaga profesional, laboran tersertifikasi internasional dan pengembangan bahasa asing. Dan keempat, penambahan lahan kampus, pengembangan jejaring, persiapan menuju UIN SAIZU dan prodi terakreditasi baik,” kata Rektor Moh. Roqib dalam pengarahannya kepada peserta Rapat Kerja IAIN Purwokerto Tahun 2020 di Lembang Bandung, Selasa (21/01/2020).

Rapat Kerja yang diselenggarakan pada tanggal 21-23 Januari ini diikuti oleh para Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pasca Sarjana, para Ketua Lembaga, para Ketua dan Sekretaris Jurusan, Kepala Biro AUAK, para Kabag dan Kasubbag.

Sedangkan yang bertindak sebagai Narasumber adalah Wakil Rektor II Dr. Ridwan (Kebijakan Anggaran IAIN Purwokerto Tahun 2020), Wakil Rektor I Dr. Fauzi (Sasaran Mutu dan Optimalisasi Kinerja Akademik Tahun 2020), Ketua SPI Dr. Munjin (Pola Pengawasan dan Pelaporan Kegiatan) dan Inspektur Wilayah IV Itjen Kemenag (Kebijakan Pengawasan dan Pelaksanaan Anggaran di Lingkungan PTKIN).

Menurut Kepala Biro AUAK Dr. Masmin Afif, tujuan Raker ini adalah untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2019 dan melakukan koordinasi agenda tahun 2020 antar unit kerja yang disesuaikan dengan program utama IAIN Purwokerto. Pembahasan Rapat Kerja dibagi  dalam 10 sidang komisi yang hasil sidangnya dipaparkan oleh setiap pimpinan komisi dalam sidang pleno yang dipimpin oleh Rektor.