Pre MoU FKP-USIM dengan IAIN Purwokerto

IAIN Purwokerto dan Fakulti Kepemimpinan dan Pengurusan Universiti Sains Islam Malaysia (FKP-USIM) melakukan penjajakan kerjasama bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui zoom meeting, Rabu (17/03/2021).

Rektor IAIN Purwokerto Moh. Roqib kembali menekankan pentingnya kajian budaya nusantara/melayu raya di wilayah Asia Tenggara. “Identitas ini tenggelam oleh hiruk pikuk ‘budaya barat’, alangkah bijaknya perguruan tinggi di melayu raya perlu menata dan percaya diri untuk mengembangkan budaya ini, “jelas Rektor.

Rektor menambahkan jika kesamaan identitas perlu dibangun kembali secara eksklusif berdampingan dengan budaya lain, dengan mengembangkan dakwah tanpa menghilangkan budaya melayu raya.

Sementara itu wakil Dekan FKP-USIM Nur Kareelawati Abd. Karim menawarkan kerjasama akademik, penyelidikan dan inovasi, kajian nusantara dan manuskrip, jalinan kemasyarakatan dan program dakwah.

Hadir untuk memberikan pandangan dari IAIN Purwokerto Wakil Rektor III Sulkhan Chakim, Ketua LPPM Ansori, Dekan FUAH Naqiyah dan Wakil Dekan III Fakultas Dakwah Musta’in. Sedangkan dari pihak FKP-USIM yang membahas adalah Moch. Rosmidzi Abd Rahman, Kalsom Ali, Mashitah Sulaiman dan Muhd Khairi. Acara dipandu oleh Mohamad Sobirin dari IAIN Purwokerto.

Kesepakatan sementara hasil dari pembahasan di atas diantaranya kerjasama pengujian tesis kolaboratif, pertukaran dosen dan pertukaran pengisian jurnal.

Kerjasama Dengan Pemerintah Daerah 

Sebelumnya IAIN Purwokerto juga telah melakukan penjajakan dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap pada tanggal 4 Maret 2021 di IAIN Purwokerto.

Penjajakan tersebut dipimpin oleh Wakil Rektor III Sulkhan Chakim dan Kepala Bagian Pemerintahan Kabupaten Cilacap Bayu Prahara.

Dari hasl pembahasan, Kedua pihak telah menyepakati butir-butir Nota Kesepakatan, tindaklanjut berikutnya adalah menyusun  Rencana Kerja dari masing-masiing Fakultas dan Dinas terkait. Sehubungan dengan adanya peraturan kerja sama daerah yang baru, yaitu Permendagri 22/2020, maka naskah kerja sama Pemerintah Kabupaten dengan Perguruan Tinggi Negeri berupa Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja.

Diwaktu yang bersamaan dilaksanakan pula meeting zomm penjajakan kerjasama antara IAIN Purwokerto  yang dipimpin oleh Rektor dan Pemkab Brebes yang dipimpin oleh Sekretaris  Daerah.

Selain itu pembahasan kerjasama juga telah dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Tegal dan Kota Tegal.

Sedangkan yang sudah melakukan nota kesepakatan adalah dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas, Banjarnegara dan Purbalingga. (KAK)

Print Friendly, PDF & Email