Pramuka UIN SAIZU Purwokerto Bersinergi Bergerak Bersama Warga Masyarakat

Purwokerto—  Pramuka UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto belajar bersama masyarakat dalam tajuk “Nyengkuyung Sareng Warga, Ngabekti ing Sesama, Pramuka Abdi Masyarakat,” yaitu saling membantu bersama warga, saling berbuat baik dengan sesama, dan Pramuka mengabdi pada masyarakat, dalam kegiatan Pramuka Peduli Masyarakat (Kalimas) yang dilaksanakan di Desa Kemawi, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas (01-05/06/21).

Kegiatan Pramuka Peduli Masyarakat (Kalimas) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan pada setiap tahun periode kepengurusan dari Dewan Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien. Kegiatan Pramuka Peduli Masyarakat (Kalimas) ini merupakan kegiatan yang berorientasi pada pengabdian kepada masyarakat.

Pramuka UIN SAIZU Purwokerto bersinergi bersama warga untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan dan saling berbagi ilmu dan pengalaman, terwujud dalam beberapa kegiatan yang melibatkan semua unsur masyarakat. Kegiatan tersebut diantaranya kegiatan bakti masyarakat, pengajaran Taman Baca Al-Qur’an (TPQ), pengembangan wisata, sosialisasi kesehatan dan vaksinasi, terapi kesehatan untuk lansia, pelatihan tanggap darurat, pelatihan pembuatan piring lidi, pelatihan seni kentongan, forum silaturahmi bersama pemuda, dan festival anak.

Kegiatan ini disambut baik oleh unsur pemerintahan. Sebelum peserta Kalimas turun di lapangan, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas memberikan fasilitas Rapid Antigen, dengan keadaan yang masih dalam masa pandemi, kegiatan ini selalu mendapat pengawasan dan pengawalan langsung mulai dari satgas Kecamatan Somagede, Puskemas, Koramil, Polsek, Satpol PP, dan perangkat Desa Kemawi, sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

“Masyarakat merespon kegiatan ini dengan sangat antusias, memberikan donasi, begitu juga masyarakat Desa Kemawi berpartisipasi dalam setiap kegiatan serta memberikan sambutan hangat ketika para anggota membaur dalam keseharian masyarakat,” ungkap Noval Abdul Aziz Ketua Pelaksana Kegiatan.

“Dalam kegiatan Pramuka Peduli Masyarakat (Kalimas) kali ini diikuti oleh 45 anggota Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien yang dibagi dibeberapa wilayah yang ada di Desa Kemawi. Kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini, melainkan akan terus berlanjut kedepannya,” imbuhnya.

Musmualim sebagai Pembina berpesan agar menjadikan momen kegiatan ini sebagai kelas belajar bersama masyarakat.

“Jadikan momen kegiatan ini sebagai kelas untuk teman-teman  belajar bersama masyarakat, belajar bermasyarakat, dan belajar memahami masyarakat. Karena nantinya generasi yang ada akan digantikan oleh generasi teman-teman saat ini. Peran untuk bisa membaca keadaan, membaca kebutuhan, dan membaca potensi yang ada untuk dijadikan sebuah kebaikan dan kemajuan masyarakat harus dipersiapkan,” pesannya.

Dalam serah terima peserta Kegiatan Pramuka Peduli Masyarakat (Kalimas), diterima langsung oleh Daryono Kaur Perencanaan Desa Kemawi.

“Hal baik yang digagas para muda-mudi perlu didukung oleh generasi tua, dan semangat para muda-mudinya harus bisa diimbangi kematangan dan pengalaman dari para generasi tua, agar keduanya bersinergi dan selalu berjalan beriringan,” ungkapnya.

Dalam penutupan kegiatan, Sulkhan Chakim, Warek III UIN SAIZU Purwokerto mengungkapkan selamat atas kegiatan yang terselenggara dengan aman.

“Semoga menjadi pengalaman dan pembelajaran yang mendalam untuk teman-teman kedepan, Pramuka Aksi Nyata,” ungkapnya.

(Tim Media 2021, M.Aji, dan Wahyu Tri A)

 

Print Friendly, PDF & Email