Pramuka IAIN Purwokerto Siapkan Kader Racana yang Tangkas dan Berkualitas

Purwokerto—Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien pangkalan IAIN Purwokerto rekruitmen anggota baru dalam acara Penerimaan Calon Pandega (Pecapa) XVII tahun 2021. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, kegiatan ini digelar di kampus dan dilanjutkan di Bukit Cendana, Dusun Kalipagu, Ketenger, Baturaden, (26-28/03/2021).

Meskipun dengan keterbatasan ditengah pandemi namun kaderisasi harus tetap berjalan karena merupakan jantungnya sebuah organisasi.

Penerimaan Calon Pandega (Pecapa) merupakan tahap kaderisasi anggota bagi Tamu Racana untuk dilantik menjadi calon Pandega. Kegiatan ini selalu diselenggarakan pada setiap tahun. Pada tahun ini mengusung tema “Membentuk Kader Racana yang Tangkas dan Berkualitas”.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan kader pramuka pandega yang mampu meneruskan estafet kepemimpinan, menumbuhkan kader pramuka Pandega yang tangkas serta meningkatkan rasa cinta dan loyalitas terhadap Racana,” jelas Ketua Dewan Racana Sunan Kalijaga Kak Mustafa Masykur.

Sementara itu, Ketua Reka Kerja Kak Salma Khotimah mengatakan kegiatan ini diikuti 36 anggota, sebelum dikukuhkan mereka dibekali materi kepandegaan, problem solving, simulasi pertolongan pertama, survival dan pengembaraan.

Kak Mutijah selaku Pembina Racana Cut Nyak Dien berpesan agar peserta sanggup menciptakan kondisi yang baik, aman dan nyaman karena dalam setiap proses kaderisasi yang dijalani pasti ada banyak hal yang dapat membentuk diri, mulai dari mental, kemandirian dan kedisiplinan yang baik bagi seorang calon-calon pemimpin masa depan.

“Mari ikuti kegiatan ini dengan niat yang baik, ikhlas, dan kesungguhan hati, agar dapat mengambil pelajaran dan tidak menjadi beban,” katanya.

Kak Hizbul Muflihin selaku Ketua Gugus Depan mengungkapkan bahwa Pramuka merupakan tempat membangun proses sosial, kreatif, tangguh dan mengembangkan diri.

“Pramuka adalah membangun proses sosial, dan kegiatan yang kreatif sehingga akan mendapat kepercayaan bahwa pramuka merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik. Begitu pula dengan kegiatan ini, mental, ketangkasan dan ketangguhan dibentuk untuk selalu siap sedia menghadapi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam masyarakat,” jelas Kak Muflihin.

“Pramuka harus tangkas, terus menerus belajar dan berproses.” tambahnya.

(Tim Media 2021 dan Muchammad Aji)

Print Friendly, PDF & Email