PRAMUKA IAIN PURWOKERTO REKRUT ANGGOTA BARU

HUMAS- Pramuka Racana Sunan Kalijaga (SK) – Cut Nyak Dien (CND) IAIN Purwokerto gelar penerimaan tamu racana (PATRA) ke 17. Acara yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 1 sampai dengan 3 pada Oktober ini diikuti oleh 150 peserta. Bertempat di lingkungan kampus Jl A yani no 40A Purwokerto Utara, acara diawali dengan upacara adat yang dipimpin ketua dewan Racana Arif Munajat dan Hani Nurmalasari.

Wakil Rektor III Dr Supriyanto Lc MSI mengapresiasi kegiatan itu, menurutnya Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka merupakan salah satu UKK di IAIN Purwokerto yang cukup progresif. Selama ini Warek menilai banyak prestasi yang telah diraih oleh UKK Pramuka dan cukup membanggakan. Dengan diterimanya anggota baru yang cukup banyak oleh Pramuka Warek berharap akan lebih banyak lagi prestasi yang bisa dipersembahkan kepada IAIN Purwokerto oleh UKK Pramuka.

Warek menyarankan kreatifitas pemilihan program dan pengelolaan organisasi perlu terus ditingkatkan terus menerus. Hal itu bertujuan agar UKK Pramuka semakin diminati oleh mahasiswa yang akan mengikuti. Pasalnya di IAIN Purwokerto saat ini ada sekira 12 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan UKK. Dengan jumlah yang cukup banyak itu mensyaratkan ada semacam persaingan positif dalam merekrut anggota. Seluruh UKM dan UKK diharaphkan oleh Warek agar selalu meningkatkan kualitas dan prestasi agar kedepan, seluruh UKM dan UKK dapat semakin maju dan memberikan pengaruh yang baik terhadap peningkatan kualitas lembaga.

Pembina Pramuka IAIN Purwokerto Dr Hizbul Muflihin menyampaikan usia Pramuka IAIN Purwokerto sampai saat ini telah mencapai 35 Tahun. Pentingnya mahasiswa calon anggota mengikuti PATRA karena merupakan titik permulaan dalam elemen pendidikan kepramukaan. Konten dari PATRA itu menurut Muflihin merupakan bina diri mencakup penelitian, pengembangan potensi diri, kewirausahaan dan soft skill. PATRA menurut Muflihin merupakan ajang rekruitmen bagi anggota sebagai tahap awal. Orientasi dari kegiatan itu antara lain  memberikan pemahaman secara umum mengenai Pramuka, diantaranya pengenalan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga (AD/ART) Pramuka dan Keorganisasian

Pramuka menurut Muflihin merupakan UKM yang memiliki undang-undang yang sampai ketingkat presiden kepengurusannya, yaitu UU No 12 Tahun 2010 sekaligus memperkuat KEPRES No 238 Tahun 1961. Bahkan menurut Muflihin pada tahun 2016 pendidikan kepramukaan masuk kurikulum yang artinya pramuka menjadi kebutuhan bagi para calon pendidik untuk meneruskan estafet nilai patriotisme pada generasi penerus bangsa.  Muflihin yang sekaligus Kaprodi MPI memiliki harapan agar pendidikan kepramukaan menjadi sub dalam kurikulum perkuliahan khususnya bagi program studi PGMI.

Ketua Dewan Racana Arif Munajat menuturkan bahwa PATRA tahun ini secara kuantitas tidak sebanyak tahun sebelumnya. Namun menurut arif konten yang dikemas lebih menarik dengan menambahkan lebih banyak out bond seperti river tubing dll. Arif berharap dengan adanya PATRA mampu memberikan pendidikan dan pembekalan kepada mahasiswa baru agar kegiatan akademik dan keorganisasian harus bersinergi, akedemik sebagai kewajiban terhadap kampus dan keorganisasian sebagai kewajiban kepada masyarat.

Sementara salah satu peserta Gani Sahidun mengaku mengikuti kegiatan itu dengan antusias. Alasannya banyak hal baru yang sebelumnya belum diketahui olehnya melalui PATRA menjadi lebih diketahui. Salah satunya outbound yang cukup banyak dan beragam disajikan panitia kepada seluruh peserta. Selain itu dengan mengikuti PARTA gani mengaku mendapatkan banyak teman baru yang bagi dirinya semakin memantapkan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan di UKM Pramuka IAIN Purwokerto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *