Praktikum merupakan kegiatan akademis intrakurikulum yang berbentuk penerapan matakuliah atau ilmu pengetahuan dalam rangka pembentukan kompetensi pro­fesional mahasiswa. Program/kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kom­petensi profesional mahasiswa, dalam rangka menunjang pencapaian tujuan IAIN Purwo­kerto.

  1. Jenis dan Nilai Kredit Praktikum
    1. Jenis Praktikum
  • Praktikum Matakuliah

Meliputi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Aplikasi Komputer, dan matakuliah lainnya yang di­tentukan oleh masing-masing program studi.

  • Bahasa

Praktikum ini berupa program kegiatan pengembangan Ba­ha­sa Arab dan Bahasa Inggris.

  • Matrikulasi BTA dan PPI

Berupa kegiatan pengayaan dan uji kompetensi Dasar Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) dan Pengetahuan Pengamalan Ibadah (PPI) bagi mahasiswa berdasarkan SK Ketua tentang Panduan Pelaksanaan Ujian Kompetensi Dasar BTA & PPI/terlampir.

Kegiatan pengayaan (matrikulasi) bersifat wajib bagi mahasiswa yang belum memenuhi standar minimal ujian kompetensi dasar BTA & PPI yang pelaksanaannya melalui kerjasama dengan beberapa pondok pesantren mitra IAIN Purwokerto.

Semua mahasiswa wajib tinggal di pondok pesantren minimal selama 1 (satu) tahun. Untuk bisa mengikuti ujian Kompetensi Dasar BTA & PPI ulangan, salah satu syaratnya adalah menyerahkan surat rekomendasi dari pengasuh utama pondok pesantren yang menerangkan bahwa mahasiswa tersebut telah secara aktif mengikuti kegiatan matrikulasi di pesantren.

Bagi mahasiswa yang memiliki alasan khusus (misalnya telah menikah, sakit, dll) sehingga tidak memungkinkan bermukim di pondok pesantren, dengan alasan/bukti yang bisa dibenarkan oleh pimpinan IAIN, diberi pilihan sebagai berikut :

  1. Tinggal (nyantri) di pondok pesantren sebagaimana mahasiswa yang tidak memiliki alasan khusus.
  2. Membentuk kelompok minimal 10 mahasiswa yang tinggal di luar pesantren dan mengikuti kegiatan matrikulasi di pondok pesantren terdekat (nyantri kalong).
  3. Membentuk kelompok minimal 10 mahasiswa di bawah bimbingan ustadz pondok pesantren atau pegawai/dosen IAIN Purwokerto dengan melakukan proses matrikulasi di luar pondok pesantren. Surat rekomendasi dari ustadz pondok pesantren atau pembimbing dikeluarkan dengan mempertimbangkan kelayakan/hasil pembinaan yang telah dilaksanakan, dan surat rekomendasi menjadi salah satu syarat mengikuti ujian BTA & PPI ulangan.

Pelaksanaan Ujian BTA dan PPI terdiri dari 3 macam, yakni:

  1. Ujian bagi mahasiswa baru yang dilaksanakan setelah mahasiswa melakukan registrasi.
  2. Ujian Massal berlaku bagi mahasiswa santri yang telah menjalankan program pengayaan/matrikulasi BTA dan PPI di Pondok Pesantren. Dalam setahun dilaksanakan dua kali, yakni setiap selesai Ujian Akhir Semester.
  3. Ujian rutin seminggu sekali diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah selesai menjalankan kewajiban matrikulasi.

Syarat Pendaftaran ujian BTA dan PPI bagi mahasiswa santri:

  1. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaraan yang telah disediakan.
  2. Melampirkan fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku dan fotocopy bukti registrasi.
  3. Menyerahkan bukti khusus bagi mahasiswa yang memiliki alasan khusus.
  4. Menyerahkan Surat Rekomendasi dari Pengasuh Utama Pondok Pesantren.
  5. Menyerahkan Surat Rekomendasi dari ustadz Pondok Pesantren atau pembimbing bagi mahasiswa yang memiliki alasan khusus.
  6. Khusus untuk ujian rutin, mahasiswa diharuskan menyerahkan surat keterangan telah mengikuti bimbingan dari pengasuh Pondok Pesantren selama satu tahun.

Komponen/materi Ujian Kompetensi Dasar BTA dan PPI meliputi:

  1. Membaca al-Qur’an secara tartil dan pengetahuan ilmu tajwid.
  2. Hafalan al-Qur’an Juz ‘Amma
  3. Menulis kalimat Arab (Imla’)
  4. Pengetahuan Pengamalan Ibadah (thaharah, shalat, puasa, zakat, dan haji).
    1. Nilai Kredit Praktikum

Nilai kredit untuk masing-masing jenis praktikum sesuai dengan yang ter­cantum dalam kurikulum, atau sesuai dengan ketentuan masing-masing prodi dan lembaga pe­laksana.

  1. Lembaga Pelaksana Praktikum
    1. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dikoordinasikan oleh Laboratorium masing-masing fakultas.
    2. Kuliah Kerja Nyata (KKN) dikoor­dinasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masya­rakat (LP2M) IAIN Purwokerto.
    3. Aplikasi Komputer dilaksanakan oleh Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD).
    4. Matakuliah yang ditentukan oleh jurusan/program studi dikoordinasikan oleh fakultas dan jurusan/program studi masing-masing.
    5. Pengembangan bahasa oleh Unit Pengembangan Bahasa.
    6. BTA dan PPI oleh Ma’had al-Jami’ah.