PPL Mahasiswa FUAH, Dekan: Harus Menghasilkan Produk

Dekan Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora (FUAH) IAIN Purwokerto Dr. Naqiyah melepas 117 mahasiswa untuk mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di beberapa lokasi.

Dengan PPL ini, Dr. Naqiyah berharap mahasiswa dapat belajar di masyarakat untuk memperluas wawasan dan untuk mengetahui apakah ilmu yang dipelajari di kampus sesuai atau tidak dengan praktek di lapangan.

“Dengan begitu bisa mendapatkan hal-hal baru sebagai bahan pelajaran, bisa saling berbagi setelah kalian berkumpul kembali di kampus,” kata Dekan pada Kamis (9/01/2020) di Gedung GSC.

Berbeda dengan PPL yang lain, Dekan menegaskan output PPL ini tidak hanya dalam bentuk laporan tapi harus menghasilkan produk.

Mengutip Al-Qur’an Surat Ar-Ra’d ayat 11, Dekan mengatakan PPL ini sebagai ajang untuk merubah diri dan merubah masyarakat.

“Jaga nama baik, jaga sikap dan tutur kata, kenali kebiasaan masyarakat, selamat jalan dan semoga tidak ada halangan yang berarti,” Pesannya.

PPL FUAH dilaksanakan mulai tanggal 10 Januari 2020 yang tersebar di beberapa lokasi dengan melibakan 15 Dosen Pendamping, untuk Prodi SAA diantaranya di beberapa tempat seperti di KUA dan SDN di Kabupaten Banyumas. Untuk Prodi SPI tersebar di Museum Wayang, Lembaga Kearsipan, Pondok Pesantren dan lain-lain. Sedangkan Prodi IAT melakukan kunjungan ke Pusat Studi Al-Qur’an di Jakarta.

Turut hadir dalam pelepasan PPL tersebut para Wakil Dekan, Kepala Jurusan para Dosen dan para Pejabat Struktural Fakultas.

Print Friendly, PDF & Email