Perpustakaan IAIN Purwokerto Peringati Hari Kunjung Perpustakaan

Di Indonesia, setiap tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Perpustakaan IAIN Purwokerto ikut memperingatinya dengan serangkaian kegiatan berbasis literasi.

Perpustakaan sebagai pusat informasi dan sumber belajar mengajak civitas akademika IAIN Purwokerto untuk berkunjung ke perpustakaan. Ajakan untuk berkunjung ke perpustakaan bertujuan untuk tidak hanya mengenal berbagai sumber informasi, tetapi juga mengajak civitas akademika menguatkan peradaban keilmuan melalui kegiatan membaca.

Agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumya, tahun ini peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dilaksanakan dengan cukup meriah. Diawali dengan kegiatan bazar buku sejak 26 Agustus 2019 hingga 19 September yang bekerja sama dengan penerbit asal Yogyakarta, dilanjutkan dengan kegiatan seminar dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dengan tema “Semangat Literasi bagi Generasi Milenial”  dengan tiga pembicara yaitu Aris Nurohman, S. H.I, M. Hum. (Kepala Perpustakaan IAIN Purwokerto), Endah Kusumaningrum, M. Pd. (Dosen Bahasa Indonesia IAIN Purwokerto & Penulis), dan Jefrianto, S. Pd. (Guru, Penulis Aktivis Literasi Bahasa Daerah).

Kegiatan dilanjutkan pada Sabtu, 14 September 2019, tepat di hari peringatan Hari Kunjung Perpustakaan, Perpustakaan IAIN Purwokerto membagikan beberapa suvenir berupa pembatas buku dan stiker bertuliskan motivasi literasi  untuk para pengunjung. Pada hari itu juga para pengunjung bisa berfoto di photo booth bertema perpustakaan di Perpustakaan IAIN Purwokerto lantai 1.

Tidak hanya itu, rangkaian acara masih akan terus berlanjut, yaitu final pemilihan duta baca, duta perpustakaan, dan lomba resensi buku yang akan dilaksanakan pada 19 September 2019 mendatang di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto.

Nisa, ketua panitia rangkaian kegiatan peringatan hari kunjung perpustakaan tahun 2019, menyatakan timnya bangga melihat antusias mahasiswa IAIN Purwokerto yang memberikan respon baik pada rangkaian acara kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan sukses dan memberikan dampak positif bagi geliat literasi di lingkungan IAIN Purwokerto. (EK)