Pembukaan PBAK IAIN Purwokerto 2018

Mahasiswa baru IAIN Purwokerto berbaris rapi di depan gedung rektorat untuk menyambut pembukaan PBAK IAIN Purwokerto 2018 tepatnya pada (15/08/18). Apel pagi yang dihadiri oleh Dr. Supriyanto, Lc, M.S.i selaku Warek III IAIN Purwokerto serta Saudara Noto Saputro selaku presiden mahasiswa IAIN Purwokerto. Dalam pembukaan PBAK IAIN Purwokerto yang di buka oleh Warek III dengan pukulan gong dan penerbangan balon bertuliskan PBAK 2018 dan diikuti oleh mahasiswa baru.

Pengenalan panitia PBAK dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) UKK (Unit Kegiatan Khusus) dirancang dengan mengusung tema kebudayaan. Seluruh panitia maupun mahasiswa baru mengenakan batik yang merupakan kain kebudayaan Indonesia yang harus terus dijaga kelestariannya. Sebuah tari kreasi tradisional dipentaskan dengan iringan lagu “Anoman Obong” menjadi puncak acara pembukaan dimana para penari saling berkolaborasi dengan sangat apik. Di akhir pementasan tari, tibalah saat sebuah candi dipecahkan kemudian muncul balon-balon yang beterbangan ke langit dengan membawa tulisan “PBAK 2018”. Iringan musik kentongan juga menambah semarak dalam pengenalan UKM dan UKK yang ada di IAIN Purwokerto.

Setelah kemeriahan pengenalan UKM dan UKK dilanjutkan dengan pemakaian atribut oleh Warek III kepada perwakilan mahasiswa baru dan diikuti oleh semua mahasiswa baru.
Beragam unsur kebudayaan yang menjadi identitas PBAK sangat terasa. Pentingnya pengenalan budaya kepada para MABA adalah agar mereka terus melestarikan berbagai seni dan budaya Indonesia. Jangan sampai mahasiswa di era milenial justru meninggalkan budaya dan meniru budaya barat. Harus ditanamkan bahwa mahasiswa harus bangga dengan budayanya sendiri, sehingga melestarikannya adalah sebuah kewajiban.

Pengenalan Akadmik kampus sangat penting dan wajib diperkenalkan mahasiswa baru, seperti Warek I, II, III dan jajarannya, banyak pengenalan-pengenalan terkait akademik kampus dan ekstra kampus dalam acara PBAK hari pertama di IAIN Purwokerto. Pengenalan organisasi ekstra kampus yang dihadiri oleh PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, HMI (Himpunan Mahasiswa Islam), dan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) memeperkenalkan masing-masing organisasi. Mahasiswa baru sangat antusias dan merespon dengan baik dalam mengikuti acara pengenalan ekstra kampus. Setelah pengenalan organisasi kampus dilanjutkan pengenalan UKM dan UKK sorak-sorak mahasiswa baru dan UKM, UKK saling bersautan menambah semangat mahasiswa baru dalam pemateri UKM dan UKK. Setelah acara pengenalan mahasiswa baru digiring ke depan gedung rektorat untuk melaksanakan apel sore, yang menandakan selesainya PBAK hari pertama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *