PELATIHAN SOFT SKILL BAGI CALON WISUDAWAN FAKULTAS DAKWAH: SIAP HADAPI DUNIA KERJA

Purwokerto- Sebagai upaya meningkatkan soft skill bagi calon wisudawan, Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto menyelenggarakan webinar pelatihan soft skill yang diikuti oleh calon wisudawan Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto Periode 1 Tahun 2021, (24/03/2021).

Acara ini merupakan kegiatan rutin yang digagas oleh Fakultas Dakwah dalam rangka penguatan soft skill bagi calon wisudawan.

Menghadirkan narasumber yang pertama, Herman Suradiraja, M.Psi. Psikolog General Manager PT. Jaya Nusantara yang menyampaikan tentang Tips Sukses Karir. Kedua, Erlin Widianingrum, S. Psi seorang HRD. PT. MMI Afiliasi pt. PNM menyampaikan tema kiat sukses melamar pekerjaan. Ketiga, Rindha Widianingsih, M.A. Dosen IAIN Purwokerto menyampaikan tema tips sukses lulus CPNS dengan moderator Nur Azizah, M.Si.

Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan Dr. Mustain, M.Si menekankan bahwa pelatihan soft skill sangat penting bagi calon wisudawan. Sehingga seluruh calon wisudawan Fakultas Dakwah IAIN purwokerto harus mengikuti pelatiahan soft skill.

“Acara ini sangat penting bagi calon wisudawan untuk mempersiapkan diri di dunia kerja, terutama persiapan mental menghadapi beberapa tes lamaran kerja. Terkadang IPK tidak selamanya menentukan keberhasilan seseorang mendapatkan pekerjaan. Karena perusahaan dan Institusi lainnya akan mencari orang yang sesuai dengan budaya yang dibangun oleh masing-masing perusahaan tersebut. Wawancara kerja merupakan tahapan seleksi pegawai baru paling menentukan diantara proses seleksi lainnya. Proses seleksi lainnya berhasil dengan baik, belum tentu dengan tes wawancara. Karena itulah acara ini menjadi sangat penting bagi calon wisudawan,” tegasnya.

Mengingat betapa pentingnya soft skill, maka para alumni Fakultas Dakwah diharapkan memiliki soft skill serta terus meningkatkan prestasinya dengan berkiprah di masyarakat.

“Dalam menghadapi tantangan, alumni Fakultas Dakwah harus percaya diri, memiliki motivasi yang kuat. Dan jika belum bermimpi, bermimpilah hari ini agar dapat segera diwujudkan. Jika belum mendapat pekerjaan, yang harus dilakukan adalah segera menambah skill-skill baru. Salah satunya berdasarkan hasil survei ‘para pengguna’ (employer) lulusan Universitas di Indonesia banyak yang mengeluh mengenai kurangnya soft skill. Misalnya dari 15 kriteria yang dibutuhkan orang dalam bekerja, 14 kriteria itu semuanya adalah soft skill,” jelas Herman Suradiraja, M.Psi. Psikolog Narasumber webinar.

Dengan diselenggarakannya Workshop Softskill ini diharapkan calon wisudawan siap dalam mengahadapi dunia kerja. Meraih sukses di mana pun untuk para alumnus Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. (Tim-Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email