Pelaksanaan Evaluasi

Pelaksanaan evaluasi keberhasilan belajar mahasiswa program S-1 dan D-III dilaksanakan dalam bentuk test (baik tulis, lisan, maupun perbuatan), dan non-test (angket, portofolio, paper, kontrak studi, skala likert), atau gabungan dari bebe­rapa bentuk. Pelaksanaan evaluasi antara lain :

  1. Evaluasi Matakuliah
    1. Ujian Tengah Semester

Ujian tengah semester (UTS) dilak­sanakan oleh dosen mata­kuliah setelah dosen me­nyajikan minimal 50% bahan matakuliah. Bobot nilai UTS ini maksimal 20% dari nilai mata­kuliah dalam satu semester.

  1. Ujian Akhir Semester

Ujian Akhir Semester (UAS) di­lak­sanakan oleh Panitia yang di­bentuk oleh rektor IAIN setelah dosen menyajikan matakuliah minimal 14 kali tatap-muka dalam satu semester. Bobot nilai UAS ini maksimal 40% dari nilai mata­kuliah satu semester.

  1. Resitasi/Tugas Terstruktur atau Mandiri

Pelaksanaan resitasi/tugas terstruktur atau mandiri diserahkan kepada dosen pengampu. Bobot nilai resitasi/tugas terstruktur atau mandiri maksimal 40% dari nilai mata­kuliah satu semester.

Ujian susulan dapat dilaksanakan bagi mahasiswa yang tidak meng­ikuti UTS dan UAS sesuai jadwal dengan alasan sebagai berikut:

  1. Sakit dengan menunjukkan surat keterangan dokter
  2. Kecelakaan dengan menunjukkan surat keterangan dari kepolisian
  3. Menjadi delegasi kampus dengan bukti surat tugas resmi dari pimpinan IAIN Purwokerto.

Permohonan UTS dan UAS susulan diajukan secara tertulis kepada Wakil Dekan I maksimal tujuh hari setelah mata kuliah diujikan.Wakil Dekan I menugaskan Dosen untuk melaksanakan UTS dan UAS susulan maksimal tujuh hari setelah tanggal pengajuan. Adapun penga­juan susulan resitasi/tugas terstruktur atau mandiri disampaikan langsung kepada dosen yang ber­sang­kutan.

  1. Ujian Kompetensi Dasar Baca Tulis al-Qur’an (BTA) dan Pengetahuan Penga­malan Ibadah (PPI)

Ujian BTA dan PPI ini bertujuan untuk mengukur kemampuan minimal dalam BTA dan PPI. Komponen/Materi ujian BTA meliputi: tartil al-Qur’an dan tajwid, tahfidz (hafalan juz 30), kitabah/imla’ (menulis arab). Adapun materi pengetahuan (simulasi) pengamalan ibadah (PPI) meliputi: thaharah, shalat, puasa, zakat, dan haji. Ujian Kompetensi Dasar BTA & PPI dilaksanakan pada awal masuk sebagai mahasiswa IAIN Purwokerto. Bagi yang belum lulus, diwajibkan mengikuti program matrikulasi dengan ketentuan sebagaimana disebut pada subbagian matrikulasi BTA & PPI. Kelulusan ujian ini menjadi syarat untuk pengambilan mata kuliah tertentu, mengikuti KKN, PPL, ujian kompre­hensif, dan Ujian Skripsi/Tugas Akhir.

  1. Ujian Kemampuan Bahasa Asing

Ujian ini bertujuan untuk mengukur kemam­puan mahasiswa dalam pengu­asaan reseptif dan produktif bahasa Arab dan Inggris. Kelulusan ujian ini menjadi syarat untuk mengikuti ujian kompre­hensif dan Ujian Skripsi/Tugas Akhir.

  1. Ujian Komprehensif

Ujian komprehensif untuk mengukur kemampuan mahasiswa Strata Satu (S-1) secara menyeluruh dan terpadu sesuai dengan keilmuan progam studi. Kelu­lusan ujian komprehensif menjadi syarat untuk mengikuti ujian munaqasyah.

  1. Ujian Munaqasyah

Ujian munaqasyah/skripsi bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam penguasaan aspek metodologi dan isi dari karya ilmiah yang disusun, sekaligus untuk mengakhiri studi pada jenjang Strata Satu (S-1).

  1. Ujian Tugas Akhir

Ujian Tugas Akhir (TA) bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam penguasaan aspek metodologi dan isi dari karya ilmiah yang disusun, sekaligus untuk mengakhiri studi pada Diploma Tiga (D-3).

Keywords of this article:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *