Peduli Terdampak Covid-19, IAIN Purwokerto Gelar Bakti Sosial

Purwokerto—IAIN Purwokerto menyelenggarakan kegiatan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19. Berlokasi di Rektorat IAIN Purwokerto, Tim Satgas Covid-19 IAIN Purwokerto memberikan bantuan kepada para mahasiswa IAIN Purwokerto asal Pattani (Thailand), pegawai lapangan IAIN Purwokerto (supir, tenaga kebersihan, dan satpam), serta masyarakat sekitar IAIN Purwokerto (19/5/2020).

Kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Covid-19 IAIN Purwokerto sejak Maret lalu. Diketuai oleh Dr, H. Masmin Afif, M.Ag., Satgas Covid-19 IAIN Purwokerto memberikan 135 paket sembako kepada masyarakat terdampak.

Acara penyerahan paket sembako tersebut dihadiri para pimpinan IAIN Purwokerto, yaitu Rektor, Wakil Rektor, Babinkamtibnas, Babinsa, dan perwakilan dari Biznet Cabang Purwokerto sebagai salah satu donatur kegiatan tersebut. Kegiatan bakti sosial ini terselenggara atas dukungan dari segenap civitas IAIN Purwokerto serta Unit Pengumpul Zakat (UPZ) IAIN Purwokerto.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Purwokerto berpesan di antaranya, menghimbau segenap civitas akademika dan masyarakat untuk saling bahu membahu mengurangi dampak Covid-19 di lingkungan masing-masing. Baksos  yang dilakukan IAIN Purwokerto merupakan wujud tali kasih dan empati pada masyarakat. Selain itu, Rektor juga berpesan supaya masyarakat  mematuhi anjuran pemerintah, agar wabah Covid-19 segera usai, dan dapat memetik hikmah dari keadaan yang sedang dialami bangsa Indonesia dan seluruh dunia.

Untuk menghindari kerumunan dalam rangka physical distancing, IAIN Purwokerto membagi kegiatan bakti sosial ini menjadi empat gelombang. Gelombang pertama dimulai pukul 09.00 WIB yang pesertanya adalah para mahasiswa IAIN Purwokerto asal Thailand. Kebiasaan mereka yang sebagian besar melakukan mudik lebaran ke negara asal saat ini harus tertunda karena terdampak Covid-19. Oleh karena itu, IAIN Purwokerto selain memberikan paket sembako juga memberikan santunan berupa sejumlah uang tunai bagi masing-masing mahasiwa asal Thailand ini.

Gelombang kedua dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB yang dihadiri oleh perwakilan ketua RT yang berada di lingkungan sekitar IAIN Purwokerto. Pendistribusian sembako akan diatur oleh wilayah masing-masing. Gelombang ketiga dan keempat dihadiri oleh supir, satpam, serta pegawai kebersihan di lingkungan IAIN Purwokerto. Acara bakti sosial tersebut usai pukul 11.00 WIB, dan peserta bakti sosial dihimbau  untuk segera kembali ke rumah masing-masing. (Tim Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email