PBAK IAIN Purwokerto 2018 tanpa Perploncoan

PBAK IAIN Purwokerto merupakan kegiatan perkenalan kampus terhadap mahasiswa baru di IAIN Purwokerto. Pengenalan Budaya dan Akademik Kampus hampir sama dengan OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan) yang berlangsung ditahun-tahun sebelumnya, dimana kegiatan perkenalan kampus diperlukan agar mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dalam mengenal kampus. Penekanan dari PBAK sendiri adalah pada pengenalan budaya terhadap mahasiswa baru sedangkan OPAK penekanannya ada pada orientasi akademiknya. OPAK secara resmi berganti nomenklatur menjadi PBAK dan akan mulai dilaksanakan untuk pertama kali pada mahasiswa baru angkatan 2018.

Mahasiswa baru terkadang enggan mengikuti kegiatan orientasi yang marak didalamnya terdapat perploncoan dari senior yang menjadi panitia. Namun mereka butuh mengenal kampus dan yang ada didalamnya, serta mengerti peralihan dari dunia siswa ke mahasiswa yang jelas berbeda. Pemerintah menghimbau segala bentuk tindakan perploncoan agar tidak dilaksanakan dengan alasan apapun. Oleh karenanya sebisa mungkin konsep orientasi adalah masa perkenalan bukan masa dimana mahasiswa baru dipermalukan.

Tujuan dari PBAK IAIN Purwokerto adalah untuk mengenalkan budaya dan akademik di IAIN Purwokerto. Setelah mengikuti kegiatan PBAK harapannya adalah mahasiswa baru tahu bagaimana budaya dikampus dan apa yang harus mereka lakukan sebagai mahasiswa IAIN Purwokerto sehingga mereka punya tujuan yang jelas dalam akademik dan non akademik yang ada disana.

Mahasiswa bukan lagi siswa sebagaimana terdapat dalam Tri Dharma Mahasiswa yang isinya adalah mahasiswa sebagai agen perubahan, mahasiswa sebagai agen pengontrol sosial. Hal ini jelas berbeda dengan siswa yang tugasnya hanya belajar dan berprestasi. Kegiatan PBAK dilaksanakan dengan perencanaan yang matang tentang bagaimana PBAK dapat merubah mindset siswa di masa peralihan ke mahasiswa agar tidak salah kaprah.

PBAK dibagi menjadi dua yaitu PBAK institut dan PBAK fakultas dimana kegiatan tersebut dilaksanakan berurutan. Setelah mengenal kampus atau segala hal mengenai institut mahasiswa diajak untuk mengenal setiap fakultas dan prodi mereka masing-masing. Masing-masing fakultas jelas berbeda-beda tujuannya sehingga pelaksanaan PBAK fakultas adalah per fakuktas secara mandiri. PBAK institut dibawahi langsung oleh DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) Institut. Sedangkan PBAK Fakultas dibawahi langsung oleh DEMA Fakultas yang ada disetiap fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,  Fakultas Dakwah,  Fakultas Syariah,  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,  dan Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora.

 

Sekilas PBAK IAIN Purwokerto

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Purwokerto 2018

Pada tahun 2018, OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan) secara resmi berganti menjadi PBAK (Pengenalan Budaya dan Akademik dan Kemahasiswaan , pergantian momenklatur tersebut terjadi secara serempak di PTKIN Indonesia.

Pada dasarnya terdapat perbedaan mendasar dari pergantian momenklatur tersebut. JIka tahun sebelumnya orientasi mahasiswa baru hanya terfokus pada bidang akademik, sedangkan pada tahun ini (2018) akan lebih focus pada aspek budaya kemahasiswaan.

PBAK sudah menjadi hal yang sangat penting diberbagai kampus terutama di IAIN Purwokerto. Pelaksanaan PBAK IAIN Purwokerto kali ini ditanda tangani oleh rektor IAIN Purwokerto dan wakil rektor III bidang kemahasiswaan ( Bapak Dr. H. A. Luthfi Hamidi, M.Ag dan Bapak Dr. H. Supriyanto, Lc M.S.I. )

PBAK IAIN Purwokerto akan dilaksanakan pada tanggal 13-10 Agustus 2018. Mengenai teknis pelaksaan PBAK 2018 pihakkampus bersama jajarannya mengambil keputusan dalam rapat bersama panitia baik pihak rektorat, fakultas, maupun lembaga kemahasiswaan. Sedangkan Triasih Kartiko Wati ( 6 PAI/ FTIK) terpilih menjadi ketua panitia PBAK IAIN Purwokerto 2018.

Pada teknis rapat yang dipimpin oleh Cite, mengadakan rapat dalam waktu 3 bulan mempersiapkanPBAK supaya berjalan sesuai dengan rencana 23 pertemuan/ rapat sehingga dalam rapat tersebut menghasilkan efek positif dalam kesuksesan acara PBAK IAIN Purwokerto.

Kata kunci Anda:

pbak iain purwokertopbak fakultas iain purwokerto 2018pbak institut adalahpengertian pbak dan tujuannyapengertian PBAK iain purwokerto
Share it:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *