Panitia Pemilihan Mahasiswa (PPM) Adakan PEMILWA Serentak

Ada pemandangan yang berbeda pada Senin 23 Desember 2019 di Auditorium IAIN Purwokerto. Banyak mahasiswa berfoto-foto ria di depan banner PEMILWA dan mengantre untuk menggunakan haknya dalam memilih Parpol, Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) Institut, DEMA Fakultas, Ketua HMJ dan HMPS dari seluruh fakultas, Jurusan, dan Program Studi di IAIN Purwokerto.

“Pemilwa tahun ini berbeda dari tahuh-tahun sebelumnya, jika pada Pemilwa tahun lalu pemilihan parpol dan lembaga eksekutif diadakan pada waktu yang berbeda, kali ini diadakan serentak dengan pemilihan ketua HMJ dan HMPS.” Demikain disampaikan oleh Arif Ridho, salah satu anggota PPM seksi acara.

Adapun alasan dipadatkannya proses PEMILWA yang biasanya berlangsung selama tiga bulan menjadi satu bulan adalah diharapkan pada awal tahun 2019 semua posisi sudah bisa berfungsi dan memulai menjalankan program kerjanya.

Adapun perolehan kursi adalah sebagai berikut: Partai Jalan Lurus (JALUR) mendapatkan dua kursi, Partai Bintang Orbit Mahasiswa (BOM) dua kursi, Partai Daulah Demokrasi Bergerak (PD2B) empat kursi, Partai Kebangkitan Mahasiswa (PAKEM) enam kursi, dan Partai Aliansi Mahasiswa (PAM) satu kursi.

Paslon Ketua DEMA tunggal yakni Shaufi Fernanda dan Ma’asirul Hidayat Nur mendapatkan 110 suara, kotak kosong 21 suara, suara tidak sah ada 27, dan suara rusak ada 3.

Arif juga menyatakan bahwa partisipasi mahasiswa pada pesta demokrasi ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, bahkan partisipasi kali ini melebihi ekspektasi PPM.

Print Friendly, PDF & Email