P4K IAIN PURWOKERTO MENYELENGGARAKAN ZOOMINAR “SIAP KERJA & SIAP BERWIRAUSAHA” DI MASA PANDEMI.

Pusat Pelayanan Psikologi & Pengembangan Karir (P4K) IAIN Purwokerto menyelenggarakan Zoominar selama 2 hari, yaitu Kamis & Jumat, 19-20 November 2020.  Selama ini pengembangan  Pusat Pelayanan Psikologi & Pengembangan Karir (P4K) IAIN Purwokerto memberi layanan khusus mahasiswa sebagai  penunjang penyelenggaraan pendidikan, pelayanan jasa, dan membantu permasalahan yang berkaitan dengan psikologis edukatif sosial bagi masyarakat internal serta eksternal IAIN Purwokerto.

Selain itu dalam rangka pengaplikasian ilmu dan pengembangan karir mahasiswa, serta  memberi manfaat psikologis edukatif sosial bagi masyarakat internal dan eksternal IAIN Purwokerto khususnya mahasiswa. Penanggungjawab kegiataan Zoominar sekaligus Wakil Rektor III IAIN Purwokerto  Bapak Dr. H. Sulkhan Chakim, M.M, mendukung “kegiatan zoominar ini dengan tujuan Pembekalan Soft Skill  Wisudawan IAIN Purwokerto November 2020”.

Ditambahkan pula oleh  Dr. Henie Kurniawati, M.A., Psikolog,  sebagai Kepala P4K IAIN Purwokerto sekaligus Ketua Panitia Zoominar.  Hari pertama zoominar mengusung tema “Persiapan Mencari Beasiswa Studi Lanjut dan Menghadapi Dunia Kerja dimasa Pandemi ” mengundang Pembicara I Bapak Ruchman Basori, M.A (Kepala Subdirektorat Sarana, Prasarana, dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama) dan Pembicara II Ummi K Irawan, S.Psi., Psikolog, CMHA (CEO Tara Consulting) serta moderator Ibu Ellen Prima, M.A (Dosen IAIN Purwokerto). Materi Zoominar  berupa Motivasi berkarir dimasa  pandemi, Tips  mencari  informasi beasiswa studi lanjut dan pekerjaan dengan menggunakan platform digital,  Tips membuat Cover Letter,Curriculum Vitae  secara online dimasa pandemi, Tips mempersiapkan TPA, psikotes, dan interview online dimasa pandemi.

Psikolog yang aktif di P4K  IAIN Purwokerto ibu Eka Widiasari, M.Psi. menyebutkan  untuk Zoominar hari kedua, Jumat 20 November 2020 dengan tema “Spirit Socio Entrepreneur : Bersiap Mandiri, Kreatif, Inovatif, dan Berteknologi di Masa Pandemi, bertujuan membuka wawasan dan keterampilan untuk berkarya dan bermanfaat bagi para wisudawan,  mahasiswa, dan umum”.  dengan Pembicara  I, dr Gamal Al Binsaid (CEO IMPACT International Training & Consulting, Sociopreneur),  Pembicara II: Admila Rosada, M.Psi., Psikolog (CEO Wisesa Consulting &  Edupreneur), serta  ModeratorIda Puspitarini W, S.E., Ak., M.Si., CA (Dosen IAIN Purwokerto & Mompreneur). Materinya membekali untuk siap berwirausaha.

Zoominar ini dihadiri oleh peserta 386 orang hari pertama jam  08.00- 12.00 WIB dan 355 orang hari kedua jam 08.00-11.00 WIB,  juga dishare via Youtube untuk mengakomodir Mahasiswa dan Umum. Seperti kita ketahui bersama, Masa Pandemi Covid -19 menghadirkan berbagai krisis yang dihadapi oleh sebagian besar individu, kelompok, komunitas, perusahaan, instansi baik swasata maupun pemerintah. Dibutuhkan penyesuaian-penyesuaian dan terobosan-terobosan baru baik secara organisasional maupun individual agar tetap dapat bertahan melewati masa pandemi ini salah satunya kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Pelayanan Psikologi & Pengembangan Karir (P4K) IAIN Purwokerto ini. Terlebih bagi wisudawan-wisudawati periode November 2020. Mereka akan memasuki dunia kerja dan “berkiprah” ke tengah masyarakat yang sedang dalam keadaan berat menghadapi pandemi. Ketahanan mental, kemampuan berkarya yang tidak biasa, team working dengan orang-orang yang tidak di depan mata, menjadi salah satu dari banyak ketrampilan yang harus dikembangkan agar dapat bertahan, bermanfaat, dan berkembang (Tim Zoominar, 19-20 November 2020).

Print Friendly, PDF & Email