Ormawa FEBI IAIN Purwokerto Peduli Korban Banjir Banyumas

 

Purwokerto–Minggu, 25 Oktober 2020 banjir melanda Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan ratusan rumah terendam air kurang lebih setinggi 40 cm. Musibah tersebut mendapat banyak sorotan dari masyarakat maupun pihak pemerintahan, salah satunya jajaran organisasi lembaga kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Ormawa FEBI) IAIN Purwokerto.

Sebagai bentuk kepeduliannya, seluruh organisasi kemahasiswaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) yang terdiri dari DEMA, SEMA, HMJ, serta komunitas di lingkungan FEBI berinisiatif mengadakan donasi terbuka untuk meringankan sedikit beban masyarakat yang terdampak banjir.

Kegiatan donasi terbuka dilakukan mulai 30 Oktober 2020 hingga 06 November 2020, kemudian didistribusikan kepada masyarakat pada tanggal 07 November 2020. Donasi dapat diterima berupa uang, pakaian, selimut, sembako, obat-obatan, makanan instan dan makanan bayi, perlengkapan dapur dan mandi, serta peralatan medis lainnya. Publikasi donasi terbuka tersebut dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai penunjang penyebaran informasi. Hasil donasi langsung diberikan ke tempat bencana tepatnya di Desa Sirau, Kemranjen, Banyumas.

Hingga 06 November 2020 telah terkumpul sejumlah dana sebesar Rp. 1.305.000,00  yang kemudian dialokasikan untuk membeli sembako seperti mie instan, telur, dan beras. Beberapa perwakilan dari seluruh lembaga kemahasiswaan pun langsung mendistribusikan hasil donasi pada tanggal 07 November 2020. Kegiatan donasi tersebut mendapat tanggapan positif dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. H. Jamal Abdul Aziz M. Ag.

“Kegiatan ini selain memberikan kebermafaatan bagi masyarakat secara langsung juga sebenarnya memberikan mafaat bagi pihak kampus yaitu menjadi salah satu catatan penting dalam penilaian akreditasi fakultas dan prodi jika terdokumentasikan dengan baik. Sebab, hal tersebut merupakan bagian dari perilaku kecendekiawanan,” ungkap Jamal.

Sambutan positif juga disampaikan Ketua Senat Mahasiswa (SEMA)  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto, Khaeri Ahmad Darmawan, yang mengatakan bahwa kegaitan ini sangat baik untuk dilaksanakan, selain untuk saling mengeratkan rasa solidaritas antar sesama juga menjadi ajang memperbanyak pundi-pundi pahala, membantu sekaligus meringankan beban saudara yang tertimpa musibah bencana. Walaupun sumbangan yang dapat diberikan tidak seberapa banyaknya, tapi hal itu merupakan langkah awal sebagai bentuk kepedulian  kepada sesama. (Tim Media 2020)

 

 

Print Friendly, PDF & Email