Meriahnya Expo Pesantren Mitra dan Mahasantri Culture Festival di Alun-Alun Purwokerto

Ma’had Al-Jami’ah IAIN Purwokerto untuk pertama kali mengadakan Expo Pesantren Mitra dan Mahasantri Culture Festival 2019.

Rangkaian kegiatan di atas diawali dengan Seminar Nasional yang menghadirkan pembicara dari PP RMI dan Kemenag Jawa Tengah dengan tema “Eksistensi Santri di era 4.0”. Seminar diadakan pada Kamis 5 Desember 2019 di IAIN Purwokerto sekaligus membuka rangkaian acara tersebut oleh Rektor IAIN Purwokerto.

Rangkaian diakhiri kegiatan Expo dan Mahasantri Culture Festival di Alun-Alun Purwokerto pada tanggal 7 Desember 2019. Expo diikuti 24 pesantren mitra IAIN Purwokerto. Expo yang dimulai pukul 07.00-24.00 ini juga dimeriahkan penampilan muhafadzah yang dikemas dalam bentuk lomba muhafadzah antar pondok pesantren mitra.

Menurut Kepala Ma’had Al Jami’ah, Nasrudin, M.Ag mengatakan bahwa Expo bertujuan sebagai ruang edukasi dan aktualisasi akan kemampuan santri di bidang entrepreneur, seni Islam dan penguasaan ilmu-ilmu keislaman yang diekspresikan dalam bentuk muhafadzah. acara tersebut juga sebagai ajang evaluasi terhadap pembelajaran dan aktualisasi ilmu-ilmu sosial yang diajarkan di pesantren mitra.

Expo Pesantren Mitra dan Mahasantri culture festifal diakhiri dengan penampilan sholawat seluruh pesantren mitra bersama Gus Azmi Iskandar dan Habib Haedar Alwi Assegaf.

Dari pantauan tim media, para Jama’ah dari Keresidenan Banyumas Raya tampak antusias menyaksikan jalannya kegiatan hingga memadati Alun-Alun Purwokerto, turut hadir  Rektor IAIN Purwokerto Dr. Moh Roqib beserta jajarannya.

Print Friendly, PDF & Email