Mahasiswa IAIN Purwokerto Sabet Juara 1 Lomba Esai Nasional di Bengkulu

Bengkulu (21/01/2020) – Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)  Nia Nur Pratiwi (6 MPI A)  dan Diana Noviyanti (6 MPI B) berhasil menjadi juara 1 dalam Lomba ESAI Tingkat Nasional dalam rangka Semarak Sustainable Development Goals (SDG’s) di Universitas Bengkulu pada tanggal 17-22 Januari 2020.

Lomba tersebut diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia. Terpilihlah 23 Finalis dari berbagai kampus di Indonesia, di antaranya UNNES, IPB, UNDIP, USU, UNIMED, UNP, Universitas Pendidikan Bali, Universitas Muhammadiyah Makasar, Politeknik Negeri Pontianak, dan Perguruan Tinggi Besar lainnya di Indonesia.

Kegiatan ini dipelopori oleh Lembaga SDGs Center Universitas Bengkulu dalam rangka ikut mengampanyekan 17 tujuan yang ada dalam Sustainable Development Goals (SDGs) di antaranya tanpa kemiskinan, tanpa kelaparan, kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi yang layak, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, industri, inovasi dan infrastruktur, berkurangnya kesenjangan, kota dan komunitas berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, ekosistem laut, ekosistem daratan, perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh, kemitraan untuk mencapai tujuan. Kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa seluru Indonesia dalam memperkenalkan inovasi baru di bidang sosial, ekonomi, lingkungan, dan kemasyaraktan.

Dalam kegiatan ini, Nia Nur Pratiwi dan Diana Noviyanti mengangkat topik ekonomi kreatif kemasyarakatan di Rumah Mocaf Banjarnegara sesuai dengan judul esai “Modified Cassava Flour (Mocaf) : Ketahanan Pangan Petani Singkong Berbasis Sosiopreneur”. Seperti yang diungkapkan oleh Nia bahwa “Kami mengangkat topik ini dalam rangka menunjukan potensi kreatif di daerah Banjarnegara, sehingga diharapkan mampu menjadi pelopor bisnis sosiopreneur yang menjadikan bisnisbukan hanya meraih keuntungan sepihak akan tetapisebagai bagian dalam pengembangan kualitas dan kesejahteraan masyarakat”. Harapannya, mahasiswa.sebagai agent of change dapat mewujudkan 17 tujuan dari Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) tahun 2030, yang akan membawa kesejahteraan bagi umat manusia.

Selamat Nia dan Diana! Terus ukir prestasi, IAIN Purwokerto bangga padamu!

 

 

Print Friendly, PDF & Email