Mahasiswa IAIN Purwokerto Raih Juara Tingkat Nasional Lomba Cipta Baca Puisi

Purwokerto—Mahasiswa IAIN Purwokerto kembali mengukir prestasi dalam ajang tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah IAIN Purwokerto. Ajang Pena Adiksi yang merupakan sebuah kegiatan perlombaan kepenulisan tingkat nasional, kali ini bertajuk Cipta Baca Puisi Nasional dengan tema “Pemuda dan Kearifan Lokal,” dilaksanakan secara daring (18/01/2021) hingga (16/02/2021).

Kegiatan ini di ikuti 33 peserta dari Mahasiswa Bidikmisi se-Indonesia.  Puisi “Jejak Pemuda Jejak Budaya” mengantarkan Restina Nurbaeti mahasiswa dari IAIN Purwokerto meraih Juara II mengungguli Indah Kurniasih dari Universitas Sebelas Maret yang memperoleh juara III dengan judul “Digilas Globalisasi.” Sementara Juara I diraih oleh Hikmatun Nazilah dengan judul “Mudaku” dari UIN Walisongo Semarang,  dan Juara Favorit Rolyta Alhanifa dengan judul “Alam dan Keramba Bahari” dari UIN Raden Intan Lampung.

Ketua Umum Adiksi IAIN Purwokerto Zaeni Gilang Darmawan mengungkapkan bahwa kegiatan kali ini berbeda dengan Pena Adiksi sebelumnya. Lomba Karya Tulis Ilmiah yang sebelumnya dipusatkan perlombaanya di kampus IAIN Purwokerto, kali ini kegiatan Pena Adiksi diadakan  lomba yang disesuaikan keadaan saat pandemi, yaitu dengan Lomba Cipta Baca Puisi Nasional yang dilaksanakan secara daring.

“Pena Adiksi merupakan kegiatan yang telah menjadi program kerja rutin kepengurusan Adiksi, yaitu kegiatan dalam bidang kepenulisan pada tingkat nasional yang dilaksanakan oleh departemen pengembangan sumber daya mahasiswa Adiksi IAIN Purwokerto,” ungkap Ketua Panitia Muchammad Aji.

“Adiksi IAIN Purwokerto menjadi tuan rumah perlombaan nasional adalah sebuah prestasi yang luar biasa, apalagi peserta dari IAIN Purwokerto  menyabet juara,” imbuhnya.

“Generasi muda harus terus bersemangat dalam menggali potensi diri, berusaha mengembangkan dan mendalaminya, mencari peluang yang sesuai dengan potensi yang sudah didapatkan. Jangan apatis terhadap budaya, terus berkarya untuk memajukan bangsa,” pesan Resti Nurbaiti, juara dari IAIN Purwokerto. (Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email