MAHASISWA IAIN PURWOKERTO JADI DELEGASI DI GLOBAL GOALS SUMMIT 2020, KUALA LUMPUR

Alfianizza Aufany (mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris) dan Ade Cahya Ningsih (mahasisaw Jurusan Manajemen Pendidikan Islam) adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Purwokerto yang menjadi delegasi Indonesia di Global Goals Summit 2020. Global Goals Summit merupakan sebuah event tahunan dalam bentuk international conference yang diselenggarakan oleh Studec Internasional. Global Hoals Summit 2020 dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 25 Januari 2020 di Ballroom Sunway Putra Hotel, Bukit Bintang, Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan tersebut merupakan wadah untuk anak-anak muda dari seluruh negara untuk bisa menuangkan ide atau gagasannya mengenai berbagai permasalahan di dunia dan upaya mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 yang dicetuskan oleh PBB. Hadir 150 anak muda dari 31 negara dalam acara bergengsi tersebut. Negara-negara yang mengirimkan delegasi di  Global Goals Summit 2020 di antaranya Kenya, Equador, Bangladesh, China, India, Philippines, dan Pakistan.

Dalam konferensi tersebut, para peserta diberikan kesempatan mempresentasikan dan bertukar pikiran tentang esai yang ditulis tentang berbagai permasalahan di dunia. Dalam konferensi tersebut, Alfianizza Aufany misalnya, ia mempresentasikan esain yang mengangkat isu tentang climate action dengan judul “Build Environmental Awareness To Be The Best Future Leaders”. Alfianiza mengatakan bahwa dirinya memang sangat tertarik untuk mengangkat masalah yang cenderung dianggap kecil, tetapi sebenarnya memiliki dampak besar bagi lingkungan.

“Orang lain tidak dapat memaksa kita menjadi sadar pada kondisi lingkungan, tapi kita yang memaksa diri untuk lebih peka terhadap lingkungan” tutur Niza.

Sementara Ade Cahya Ningsih mengangkat tema quality education sebagai topik yang dibicarakan dalam esainya yang berjudul The Revolution of Character Buildings for The Better Sociality in 2030.

Tak hanya para anak muda, dalam acara tersebut penyelenggara juga mengundang beberapa pembicara yang berkiprah dalam perwujudan SDGs, di antaranya Dong Chan Kim (UN Habitat South Korea), Vania F. Herlambang (SDGs Ambassador of Indonesia), Manuel Bergmann (Founder Coaching For Cause), Prof. Betania Kartika (Head of Halal Awareness Malaysia), Davina Goh (Actrees, Plant-Based Lifestyle Advocat), Safaath Ahmed Zahir (UN Youth Ambassador), Yvonne Teo, dan lain-lain.

Bagi  Alfianiza dan Ade, pengalamannya terlibat dalam sebuah konferensi internasional ini adalah sebuah pembelajaran yang sangat berharga. Mereka berharap bisa berbagi pengalaman dengan para mahasiswa lain di IAIN Purwokerto.

“Kami sangat beruntung bisa bertemu teman-teman dari berbagai negara dengan berbagai latar belakang dan perspective yang berbeda, semoga setelah acara Global Goals selesai masih bisa menjalin komunikasi dan dapat menambah banyak relasi, terutama demi kemajuan civitas akademika dan kampus IAIN Purwokerto,” pungkas Ade.

Print Friendly, PDF & Email