MAHASISWA GALANG DANA UNTUK KORBAN BENCANA

HUMAS- Dalam rangka ikut membantu meringankan beban saudara kita yang tertimpa musibah di daerah Brebes. Mahasiswa IAIN Purwokerto gelar aksi turun kejalan untuk menggalang dana. Kegiatan itu direncanakan akan dilangsungkan selama 3 hari mulai dari senin-rabu 26-28 Februari 2018 untuk kemudian diserahkan langsung ke lokasi bencana. Bertempat di lingkungan kampus dan beberapa titik jalan sekitar Purwokerto puluhan mahasiswa antusias untuk ikut turun.

Menurut salah satu relawan mahasiswa Ciptawati, selain untuk meringankan beban dari korban bencana agenda itu dimaksudkan untuk mengasah kepekaan sosial mahasiswa. Sebagai bagian dari masyarakat, mahasiswa menurutnya harus ikut terlibat dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Apalagi daerah yang terdampak bencana tidak jauh dari Purwokerto, maka menjadi sebuah keharusan bagi mahasiswa di Purwokerto khususnya IAIN untuk merasa terpanggil.

Ciptawati berharap dengan gagasan penggalangan dana itu, mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin membantu korban bencana dapat dimudahkan untuk menyalurkan bantuannya. Ciptawati juga mengajak bagi seluruh masyarakat banyumas yang ingin memberikan bantuan berupa uang atau barang dapat mengunjungi gedung kemahasiswaan IAIN Purwokerto. Seluruh bantuan yang masuk melalui tim penggalangan dana rencananya akan langsung disalurkan pada hari Kamis pekan ini.

Sementara wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama Dr Supriyanto LC MSI mengapresiasi gagasan mahasiswa untuk melakukan penggalangan dana untuk korban bencana. Menurutnya hal itu sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Munculnya gagasan itu menurut Supriyanto merupakan kebanggan tersendiri bagi kampus. Hal itu dapat menjadi tolak ukur respon cepat dari mahasiswa dalam melihat fenomena persoalan yang terjadi dalam masyarakat.

Mahasiswa yang ideal dalam hal menyikapi problem sosial menurut Supriyanto, tidak hanya melihat persoalan untuk sekedar di kritisi. Namun lebih jauh sesegera mungkin untuk memberikan solusi nyata. Supriyanto berharap aksi nyata seperti penggalangan dana itu, dapat menjadi semacam hal baik yang terus dipelihara dalam alam kesadaran mahasiswa. Sehingga kedepan akan terus muncul generasi yang punya rasa empati tinggi dapat dicetak oleh IAIN Purwokerto. (van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *