LPPM IAIN PURWOKERTO GELAR WEBINAR DI ERA NEW NORMAL

Purwokerto- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan seminar nasional secara daring (Webinar) dengan tema “Meningkatkan Respon Kreatif Pondok Pesantren di Era New Normal.” Seminar nasional daring diikuti oleh 300 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia melalui aplikasi Zoom dan live streaming You Tube, (12/06/2020).

“Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan di Indonesia yang memiliki konstribusi nyata baik dalam praktik mewujudkan kemerdekaan hingga praktik pendidikan di Indonesia. Karakter khas pesantren adalah komunalisme dengan sistem boarding. Pesantren yang tangguh harus mampu mempersiapkan new normal, dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, pesantren harus mampu menyiapkan respon kratif di era normal.” Jelas Dr. H. Ansori, M. Ag. Ketua LPPM IAIN Purwokerto.

Ahmad Muttaqin, M.Si  (Kapuslit LPPM IAIN Purwokerto) sebagai moderator menjelaskan bahwa narasumber webinar adalah pertama, Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag sebagai Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banyumas menyampaikan tentang Tipologi Pesantren, Kesiapan pesantrean Menghadapi New normal dalam Perspektif Kebijakan. Kedua, Dr. H. Ansori, M.Ag sebagai ketua LPPM IAIN Purwokerto  menyampaikan tentang Prinsip-prinsip Akademik dan Respon Pesantren Menghadapi Era New normal. Narasumber ketiga Suprisdiantoko sebagai pengembang aplikasi digital pesantren menyampaikan tentang Tantangan Pesantren Era New normal dalam Perspektif Teknologi Informasi.

New normal menjadi tantangan bagi pesantren adalah soal kesiapan. Kesiapan berfikir kratif, kesiapan protokol medis serta kerjasama atau dukungan dari lingkungan pesantren. (Tim-Media 2020)

 

Print Friendly, PDF & Email