Lagi, Mahasiswa IAIN Purwokerto Ukir Prestasi di Kompetisi Matematika Tingkat Nasional

Setelah sebelumnya menyumbang sertifikat internasional sebagai presenter pada acara International Conference on Mathematics and Islam (ICMIs) di Lombok, NTB pada Agustus 2018 silam dan International Student Conference on Islamic Studies (ISCIS) di Manado, Sulawesi Utara pada Oktober 2019 lalu, kini Agus Ma’ruf, Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika kembali mengukir prestasi dan menyumbangkan sertifikat kejuaraan dalam sebuah kompetisi nasional bersama rekannya Ajeng Naila Robiha.

Mewakili IAIN Purwokerto, mereka berhasil menyabet juara 3 dalam lomba pemodelan matematika di ajang Pekan Seni Bermatematika (PSB), Universitas Andalas (UNAND) Kota Padang, Sumatera Barat. PSB merupakan sebuah agenda tahuan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (HIMATIKA), Universitas Andalas (UNAND). Tahun 2020 ini merupakan gelaran PSB ke-XVII yang diadakan Himatika Universitas Andalas. Acara yang berlangsung mulai tanggal 6-8 Februari 2020 ini melibatkan siswa SMP, SMA, maupun mahasiswa untuk berkompetisi di beberapa cabang lomba di bidang matematika, salah satunya lomba pemodelan matematika. Lomba pemodelan matematika merupakan satunya-satunya cabang lomba yang dapat diikuti  oleh mahasiswa untuk berkompetisi memperebutkan juara pemodelan matematika di PSB ke-XVII tersebut.

Lomba tersebut merupakan lomba dengan memodelkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari ke dalam bentuk matematika disertai penyelesaiannya. Lomba ini terbagi dalam dua tahap, tahap pertama merupakan babak penyisihan dan tahap selanjutnya merupakan babak final. Pada babak penyisihan dilakukan seleksi pada papper pemodelan matematika yang telah disusun oleh para peserta. Dari berbagai tim dan berbagai kampus di Indonesia, tim dari Jurusan Tadris Matematika, FTIK, IAIN Purwokerto atas nama Agus Maqruf dan Ajeng Naila Robiha berhasil lolos untuk melaju ke babak final dan berhak untuk mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri.

Tim IAIN Purwokerto mengangkat tema pemodelan matematika dalam kebencanaan dengan judul “Menentukan Fungsi Polinomial Prakiraan Jumlah Bencana Alam Kabupaten Banyumas Berdasarkan Pengaruh Jumlah Curah Hujan Rentang Tahun 2015 sampai 2018 menggunakan metode Interpolasi Lagrange” yang mengantarkan mereka berhasil merebut juara ke tiga dan juara pertama berhasil diraih oleh tim tuan rumah yaitu Dari hasil presentasi tersebut, ti dari Universitas Andalas itu sendiri.

Tidak hanya berhenti di situ, hasil hasil penelitian mahasiswa Jurusan Tadris Matematika tentang fungsi polinomial prakiraan jumlah bencana tersebut, atas usulan ketua BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banyumas), akan ditindaklanjuti dan dikembangkan di BPBD Banyumas sebagai upaya mitigasi bencana.

Print Friendly, PDF & Email