KUNJUNGAN GUBERNUR JATENG KE IAIN PURWOKERTO

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hadir dalam acara Sarasehan di Auditorium IAIN Purwokerto, Rabu (18/12) siang. Acara sarasehan yang mengangkat tema “Penguatan Kemandirian di Bidang Ekonomi bagi Generasi Milenial” ini dihadiri 700 peserta dari berbagai elemen, yaitu mahasiswa, santri  30 pesantren mitra, pemerintah daerah, Dosen, Organisasi sosial keagamaan, FKUB se eks Keresidenan Banyumas, Sekolah/OSIS/rohis dan yang lainnya.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sarasehan yang dimoderatori oleh rektor IAIN Purwokerto,  Dr. KH Moh Roqib, M.Ag. Menurutnya, Kemandirian di Bidang Ekonomi bagi Generasi Milenial merupakan satu hal yang sangat penting, untuk itulah acara itu menghadirkan pembicara yang kompeten, yaitu Gubernur Jawa Tengah dan seorang pengusaha muda sukses Indra Wawan.

Ganjar Pranowo  membawakan materi dengan tema “Pemuda Cerdas Menuju Indonesia Emas”. Sebelum memasuki materi, ia mengapresiasi Kabupaten Banyumas sebagai contoh kabupaten dengan tingkat kerukunan yang kondusif. “Kamu jualan apapun, situasi masyarakat yang rukun ga akan beli” tegasnya, “Untuk itu sebelum memulai usaha, kita harus memastikan kondisi masyarakat kita baik-baik saja”.

Persoalan penting yang disampaikan yakni kecerdasan dalam mengambil peluang. Era revolusi industri 4.0. menciptakan peluang sekaligus tantangan, untuk itu anak muda atau milenial harus cerdas. Bonus demografi di Jawa Tengah khususnya menjadi tantangan sendiri bagi kreativitas dan produktivitas anak muda. Dengan menciptakan peluang, seorang milenial bisa survive dan sukses di usia muda.

Acara dilanjut dengan tanya jawab dengan para hadirin, sebelum dilanjut dengan pemateri berikutnya yakni Indra Wawan seorang wirausahawan muda yang memiliki puluhan jenis usaha.

Print Friendly, PDF & Email