KSR PMI UNIT IAIN PURWOKERTO RAIH DUA KEJUARAAN DALAM EDUTISI KSR DI BANTEN

Kegiatan Tirtayasa Red Cross Competition ke-3 Edutisi KSR yang diselenggarakan oleh KSR PMI UPT Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten membawa KSR PMI Unit IAIN Purwokerto menjadi Runner Up dalam dua cabang lomba sekaligus, yaitu lomba Pertolongan Pertama (PP) dan Analisis BKRK (Bahaya, Kerentanan, Resiko, Kapasitas).

Kegiatan ini dilaksanakan pada 15-17 November 2019 dan diikuti oleh berbagai KSR Unit Perguruan Tinggi, seperti Poltekkes Surakarta, Universitas Bina Bangsa, Universitas Pakuan Bogor, STIKes Falatehan Banten, dan STAI Nurul Iman Bogor. Jenis lomba yang diselenggarakan diantaranya Pertolongan Pertama (PP), Analisis BKRK (Bahaya, Kerentanan, Resiko, Kapasitas), artikel dan poster.

KSR PMI Unit IAIN Purwokerto mengirimkan enam anggotanya untuk mengikuti dua lomba dalam ajang ini, yaitu Dina Rahmadani, Irma Sarifatun, Muhardiant Wafiq Nur Azizah, Lulu Nihayatun, Jihan Khamidah dan Khusnul Khotimah serta satu orang official yaitu Muna Fauziah. Dalam pelaksanaan lomba tim dibagi menjadi dua, yaitu Dina, Khusnul, Irma, dan Muhardiant pada cabang lomba PP sedangkan Lulu dan Jihan untuk cabang lomba BKRK.

Sistem yang digunakan dalam lomba PP yaitu pertolongan untuk individu. Salah satu peserta, Dina Rahmadani, menyampaikan bahwa pertolongan pertama ini bertujuan untuk mengurangi bertambahnya cidera dan resiko kematian pada korban. “menyelamatkan jiwa korban dan meminimalisir adanya cedera” jelasnya. Adapun untuk lomba Analisis BKRK peserta diminta untuk memetakan lokasi sebuah desa yang kemudian dianalisis bahaya, kerentanan, resiko dan kapasitas yang ada dalam wilayah tersebut.

Kerja keras peserta delegasi IAIN Purwokerto membuahkan hasil yang baik. Pada tanggal 17 November 2019 diumumkan bahwa KSR PMI Unit IAIN Purwokerto berhasil menduduki posisi Runner Up pada kedua cabang lomba yang diikutinya, yaitu PP dan BKRK. Tentu ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi IAIN Purwokerto, khususnya KSR PMI Unit IAIN Purwokerto sendiri.

Alhamdulillah, bahagia campur haru karena bisa membawa nama baik KSR PMI Unit IAIN Purwokerto di kancah nasional!” ucap Dina ketika ditanya tentang perasaannya saat nama KSR PMI Unit IAIN Purwokerto  disebut dalam sesi penganugerahan juara.

Dina juga berharap agar KSR PMI Unit IAIN Purwokerto mendapatkan juara di lomba-lomba berikutnya serta dapat terus berkontribusi dalam lomba-lomba kepalangmerahan yang diadakan selanjutnya.

Print Friendly, PDF & Email