KSR PMI Unit IAIN Purwokerto Berhasil Boyong Piala Juara Umum dalam Aksi Keterampilan Relawan se-Jawa 2018

Aksi Keterampilan Relawan (AKSARA) se-Jawa yang diselenggarakan oleh KSR PMI Unit III UPN Veteran Yogyakarta ini berlangsung selama 3 hari dimulai pada Jum’at-Minggu, 16-18 November 2018 dan diikuti oleh 11 tim. Para peserta meliputi perwakilan dari KSR Perguruan Tinggi yaitu UNY, UAD, UNNES, IAIN Kudus, IAIN Purwokerto, IAIN Tulungagung, UNAIR, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dan STIKES Surya Global Yogyakarta serta satu Markas yaitu Markas Jakarta Selatan yang mengirimkan dua tim. Ada tiga cabang perlombaan yang diperlombakan dalam AKSARA ini, yaitu lomba Teknologi Tepat Guna dan lomba Videografi Promosi Kesehatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at 16 November 2018 dan lomba Pertolongan Pertama dengan korban banyak yang dilaksanakan pada hari berikutnya, Sabtu 17 November 2018.

KSR PMI Unit IAIN Purwokerto mengirimkan empat anggotanya untuk mengikuti ajang ini, yaitu Dita Safira Aulia R., Eli Choeriyah, Eka Nurohmawati, dan Irfan Faizul Haq serta satu official yaitu Anisa Nur Kholifah. Untuk lomba Teknologi Tepat Guna dan Videografi Promosi Kesehatan tim dibagi menjadi dua, Dita dan Eka untuk lomba TTG serta Eli dan Irfan untuk lomba Videografi. Teknologi Tepat Guna yang diusung oleh KSR PMI Unit IAIN Purwokerto yaitu alat penyaringan air sederhana. Alasan memilih alat ini adalah kesadaran bahwa ketika bencana terjadi masalah yang sering muncul adalah kurangnya pemenuhan kebutuhan air bersih. Padahal, air bersih merupakan sumber utama keberlangsungan kehidupan manusia. Itulah sebabnya alat ini dipilih dengan maksud agar air keruh yang ada di lokasi bencana tetap dapat dimanfaatkan dengan cara penjernihan. Untuk lomba Pertolongan Pertama dengan korban banyak, tim terdiri dari 4 orang. Dalam melaksanakan penanganan pada korban banyak tersebut, kami menggunakan sistem Triage yang memungkinkan efesiensi evakuasi korban dengan prioritas cederanya. Tim diberi waktu selama 20 menit untuk dapat menangani seluruh korban tersebut.

Pada Minggu, 18 Oktober 2018  akhirnya diumumkan bahwa KSR PMI Unit IAIN Purwokerto berhasil meraih Juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna, Juara 2 lomba Pertolongan Pertama, piala Grade A, serta yang paling membanggakan adalah kami keluar sebagai Juara Umum dalam Aksi Keterampilan Relawan (AKSARA) se-Jawa 2018 tersebut. Kami tidak menyangka akan mendapat Juara Umum karena ini adalah pertama kalinya KSR PMI Unit IAIN purwokerto mengikuti perlombaan dan umur KSR kami yang masih sangat muda dibandingkan denga KSR unit lain. Kami berharap agar kedepannya kami dapat meningkatkan kualitas diri dan organisasi menjadi lebih baik serta lebih bermanfaat bagi orang lain dan juga kampus IAIN Purwokerto tercinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *