Kenakan Beskap Banyumasan, Kontingen IAIN Purwokerto Meriahkan PIONIR IX Malang

Penyelenggaraan Akbar Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) IX 2019 digelar di Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pembukaan ajang dua tahunan ini, bertempat di lapangan utama kampus setempat, Senin (15/7/2019).

Sejumlah tiga ribu lima ratus peserta dari 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri binaan Kementerian Agama se-Indonesia hadir mewakili kampusnya.

Kontingen IAIN Purwokerto pada saat parade Atlit mengenakan kostum adat Banyumasan yang mencirikan budaya penginyongan. 

Boby Iman Nurhakim & Wafiqa Dwi Rosinta Mahasiswa dan mahasiswi prodi KPI dan Perbankan Syariah sebagai atlit Duta PTKIN dipilih untuk mengenakan baju adat tersebut.

Menariknya, seragam kontingen yang dipakai semuanya mencirikan simbol budaya Banyumasan, yaitu jaket hitam dengan kombinasi batik tulis khas Banyumas yang bergambar Bawor. Kontingen IAIN Purwokerto sendiri mengirimkan 2 atlet duta PTKIN dan 94 atlet dari 30 cabang lomba.

Upacara pembukaan PIONIR IX diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PIONIR dilanjutkan dengan penampilan Tari Saman in Colaboration with Flash Mob. Tari Saman yang dibawakan mahasiswi Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim ini menggambarkan semangat persatuan di tengah keberagaman

Hal ini sejalan dengan tagline #PIONIR IX 2019 ‘Spirit of Unity’ yang memiliki semangat persatuan dan kesatuan dalam keragaman budaya.

Hadir Menteri Agama RI yang membuka secara resmi dan didampingi oleh Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang serta Plt Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

(Mawi/Musmuallim/acm)

Print Friendly, PDF & Email