Kemenpan RB Tinjau IAIN Purwokerto Dalam Rangka Perubahan Status Menjadi UIN KH. Saifuddin Zuhri

Kepastian beralihnya status IAIN Purwokerto menjadi UIN KH. Saifuddin Zuhri terus dilakukan. Kali ini IAIN Purwokerto dikunjungi tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Sabtu (08/02/2020).

Tim Kemenpan RB dipimpin oleh R. Roro Vera Yuwantari Susilastuti, Asisten Deputi pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana. Turut Hadir pejabat dari Kementerian Agama, yakni Afrizal Zen Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana dan Lelis Tsuroya Kepala Seksi Bina Kelembagaan PTKIN Ditjen Pendidikan Islam.

Visitasi kali ini merupakan tindak lanjut dari Visitasi yang dilakukan oleh Ditjen Pendidikan Islam pada bulan Desember 2019 lalu. Menurut Lelis Tsuroya, Ditjen Pendidikan Islam menyatakan persetujuannya dengan menggunakan bobot dan penambahan indikator penilaian yang kemudian hasilnya direkomendasikan ke Kemenpan RB.

Pertemuan diawali dengan paparan yang dilakukan oleh Rektor IAIN Purwokerto Moh. Roqib. “Jika ada kekurangan mohon tim dari Kemenpan RB untuk memberikan masukan,” pinta Rektor.

Usai mendengarkan paparan Rektor, Asisten Deputi R Roro Vera mempertanyakan secara detail data yang telah ditampilkan Rektor. “Mohon maaf jika detail, klarifikasi ini merupakan amanah pimpinan kami agar hasilnya sesuai dengan dengan PMA Nomor 15 Tahun 2104 tentang Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan,” jelasnya.

Setelah menerima jawaban dari Rektor dan Wakil Rektor I, Tim dari Kemenpan RB menyimak secara langsung pernyataan dukungan perubahan status IAIN Purwokerto menjadi UIN KH. Saifuddin Zuhri dari dua perwakilan Pemerintah Kabupaten Banyumas dan dua perwakilan Kabupaten Purbalingga.

Asisten Deputi R Roro Vera mengatakan jika dukungan dari Pemerintah Daerah sangat diperlukan untuk mempermudah pengembangan. Dia berharap dukungan ini konsisten hingga menjadi UIN dan setelah menjadi UIN.

Perwakilan Pemkab yang hadir adalah Didi Ridwianto Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Banyumas, Purwadi Santoso Kepala Bappeda Kabupaten Banyumas, Sriyadi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga dan Purnawan Setiadi Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Purbalingga.

Untuk memastikan dukungan sekaligus memenuhi persyaratan menjadi UIN, Tim Kemenpan RB langsung meninjau lahan yang telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga. Tim juga berkesempatan meninjau gedung baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. (acm)

Print Friendly, PDF & Email