JURUSAN PIAUD IAIN PURWOKERTO GELAR SEMINAR PRAKTISI

Sabtu, 5 Oktober 2019, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMPS PIAUD) FTIK, IAIN PUurwokerto gelar acara Seminar Praktisi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dengan tema “Membangkitkan Semangat Kreativitas Generasi Muda dan Pendidik Anak Usia Dini”. Setelah sukses dengan acara Festifal Anak Kreatif 5 untuk anak TK/RA/KB se-Banyumas, kini HMPS PIAUD mengadakan seminar praktisi pendidikan anak usia dini untuk seluruh mahasiswa PIAUD IAIN Purwokerto.

Deva Istighfariana, ketua HMPS PIAUD menyampaikan dalam sambutanya bahwa mahasiswa PIAUD selaku generasi penerus bagi pendidikan anak dituntut untuk menjadi calon pendidik yang kreatif dan memiliki jiwa yang semangat yang tinggi. Senada dengan hal tersebut, Dr. Heru Kurniawan, M.A, Kajur PIAUD menyampaikan bahwa beliau sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan seminar ini. Dengan mengikuti seminar ini mahasiswa PIAUD diharapkan menjadi mahasiswa yang unggul, yaitu yang memiliki semangat dan intergritas tinggi.

Pada seminar ini HMPS PIAUD mengundang dua praktisi PAUD yakni Rusmanto S.Pd.I. selaku pengelola PAUD Insan Cendekia, Pengurus HIMPAUDI Prov. Jawa Tengah, Assesor BAN PAUD dan PNF dan Anggota BAN PAUD dan PNF Prov. Jawa Tengah dan Titi Anisatul Laely M.Pd. sebagai pengelola PAUD Wadas Kelir, Praktisi TK IT di Yogyakarta, Peneliti Pendidikan Anak Usia Dini, Kepala Sekolah Literasi Wadas Kelir, dan Penulis Buku Aktivitas dan Teori PAUD.

Pembicara pertama, Rusmanto,  S. Pd. I. atau yang lebih akrab di sapa Kang Rus menyampaikan tentang indikator guru PAUD yang baik. Beliau menyampaikan bahwa menjadi guru PAUD adalah sebuah pilihan. Guru yang baik adalah guru yang bisa menjadi guru bagi dirinya sendiri dan orang lain, guru yang dapat meningkatkan semangat dan minat belajar anak didiknya.

Pembicara selanjutnya, Titi Anisatul Laely, M. Pd. atau biasa disapa Kak Anis menyampaikan tantangan guru PAUD era 21 yakni guru harus aktif dan kreatif. Ada beberapa kriteria guru kreatif menurut Kak Anis, yaitu cinta profesi guru, suka belajar, suka tantangan, dapat memanfaatkan keterbatasan, cerdas teknologi, dan berorientasi masa depan.

Dengan diselenggarakannya kegiatan seminar praktisi PAUD ini menjadi harapan besar bagi prodi PIAUD agar mahasiswa PIAUD mempunyai skill dan kreativitas dalam mengajar, mendidik, dan setidaknya memberikan file-file pengalaman yang menakjubkan pada peserta didiknya.