Jurnal Tarling IAIN Purwokerto Gelar Workshop “Editing Oke, Review Beres”

Purwokerto— Jurnal Tarling (Tarbiyah Lingua) Journal of Language Education IAIN Purwokerto menyelenggarakan Workshop “Editing dan Reviewing Artikel Jurnal (Editing Oke, Review Beres).” Kegiatan ini dilaksanakan di Rosalia Resort and Garden, Baturraden, Purwokerto dan diikuti oleh 20 peserta. Terdiri dari perkumpulan editor dan reviewer Jurnal dari berbagai Perguruan Tinggi, diantaranya UNSIQ Wonosobo, UNU Purwokerto, UNNES Semarang, STAIS Majenang, dan IAIN Purwokerto. (19-20/03/2021)

Acara dibuka dengan welcoming speech dari Mawi Chusni Albar (Editor in Chief) dan Ahmad Muttaqin (Griya Jurnal IAIN Purwokerto), dilanjutkan dengan opening speech oleh Suwito (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto) dan Fauzi (Wakil Rektor I IAIN Purwokerto).

Menghadirkan narasumber M. Endi Saputro Reviewer Jurnal Nasional dan Internasional, dosen IAIN Surakarta, dengan moderator Enjang Burhanuddin. Endi menyampaikan materi tentang teori dan praktik editing dan review artikel jurnal ilmiah.

Narasumber kedua Warto, Pengelola Jurnal IAIN Purwokerto dengan moderator Khairunnisa Dwinalida dari Jurnal Tarling IAIN Purwokerto. Materi yang disampaikan tentang “Mahir Mengoperasikan OJS (Open Journal Systems) untuk Editor dan Reviewer.”

Hari pertama pelatihan digunakan untuk memaksimalkan penyusunan panduan editor dan reviewer. Hari kedua praktik editing dan reviewing dibimbing langsung oleh narasumber-narasumber yang handal.

Menurut Mawi, setelah mengikuti workshop ini diharapkan menghasilkan panduan editing dan reviewing serta mahir menggunakan OJS.

“Outcome yang diharapkan dari workshop ini adalah menghasilkan panduan editing dan reviewing bagi Jurnal Tarling, serta mahir dalam menggunakan OJS,” ungkap Mawi.

(Tim Media 2021)

 

 

Print Friendly, PDF & Email