Juarai Lomba Cipta Puisi Hingga Kunjungi National University of Singapore

 

Berkat juarai lomba cipta puisi tingkat nasional di acara yang digelar oleh Event Hunter Indonesia bekerja sama dengan IDEAS (penyelenggara Program Pemuda Delegasi Indonesia), Mauliya Nandra Arif Fani, mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), FTIK, IAIN Purwokerto mendapat hadiah dan pengalaman berharga, yaitu kunjungan ke National University of Singapore (NUS)  hingga ikut terlibat menjadi peserta Program Pemuda Delegasi Indonesia.

Mahasiswi yang tergabung di komunitas kepenulisan bernama Sekolah Kepenulisan Sastra Peradaban (SKSP) ini sering mengikuti event menulis, meskipun tidak selalu berhasil meraih kejuaraan. Namun, pengalaman-pengalaman tersebut menjadi dorongan kuat baginya untuk terus berprose kreatif menulis dan mengikuti kompetisi. Dituturkan oleh Mauliya sendiri bahwa motivasi utamanya mengikuti lomba cipta puisi ini, selain ingin memperoleh prestasi adalah hadiah yang baginya cukup menggiurkan berupa pengalaman berkunjung ke Singapura. Pengalamannya tour ke NUS membuatnya sangat terkesan dan memberikannya sekilas gambaran tentang majunya sistem pendidikan di Singapura. Selain NUS, Mauliya juga mendapat kesempatan berkunjung ke Art Science Museum, Garden By The Bay, serta China Town.

“Pengalaman yang tidak akan bisa dilupakan selama menjadi mahasiswa bisa dapat kesempatan sebaik ini. Saya banyak belajar dari karakter orang Singapura, mereka adalah orang-orang yang mempunyai kemauan yg tinggi dan pantang menyerah. Mereka juga disiplin dan taat aturan,” tutur Mauliya, penulis puisi berjudul ‘Nyanyian Burung Belantara’ yang membawanya keluar sebagai pemenang ke tiga di event tersebut.

Mauliya berharap agar pengalamannya dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa IAIN Purwokerto lainnya supaya semangat belajar serta berlatih menulis. Sebab dengan hal tersebut bukan mustahil bagi mahasiswa untuk mengukir nama di kancah nasional hingga internasional untuk mengharumkan nama almamater tercinta, IAIN Purwokerto.

Print Friendly, PDF & Email