IRJEN KEMENAG AUDIT KINERJA PENYELENGGARAAN TUGAS & FUNGSI IAIN PURWOKERTO

 

Purwokerto— Tim Inspektorat Jeneral (Irjen) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melaksanakan Audit Kinerja Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Tahun Anggaran 2020 di IAIN Purwokerto. Tim yang terdiri dari 8 orang ditambah 1 penanggungjawab ini melaksanakan tugasnya sebagai tim audit kinerja di IAIN Purwokerto selama 11 hari. (18-29/04/2021)

Ruang lingkup audit kinerja yang dilaksanakan dari Tim Irjen diantaranya adalah melakukan beberapa pengujian yaitu pengujian atas fungsi perencanaan, fungsi pelaksanaan, fungsi evaluasi dan pelaporan, dan yang terakhir adalah melakukan pengujian atas fungsi pencapaian hasil (outcome).

Ketua Tim Audit dari Irjen Kemenag menjelaskan bahwa kinerja merupakan apa yang dihasilkan, sedangkan kerja adalah apa yang akan dikerjakan dan apa yang akan dibuat. Jadi rencana kinerja adalah membuat rencana mengenai outcome yang akan dihasilkan. Sedangkan rencana kerja adalah membuat rencana yang berfokus pada penggunaan input, pemilihan kegiatan, dan output yang akan dibuat, maka yang perlu diaudit adalah kinerja.

Sedangkan tujuan audit kinerja menurut Tim Audit dari Irjen Kemenag adalah pertama, untuk mendapatkan keyakinan yang memadai terhadap kinerja satuan kerja yang meliputi aspek kehematan (ekonomis), efisiensi, dan efektivitas (3E). Kedua, memberikan nilai tambah dan meningkatkan operasional satuan kerja. Ketiga, memberikan peringatan dini atas kinerja dan pencapaian sasaran atau tujuan yang telah direncanakan satuan kerja.

“Persiapan yang dilakukan IAIN Purwokerto untuk audit dari Irjen ini sudah sangat matang dengan anggaran 2020. Tahap yang sudah dilaksanakan diantaranya adalah dari DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) yang dilaksanakan di tahun 2020 sudah melalui tahap pendampingan internal SPI (Satuan Pengawas Internal) IAIN Purwokerto. Tiap unit atau fakultas mengajukan TOR (Term of Reference)/RAB (Rencana Anggaran Belanja) ke SPI, ketika sudah mendapatkan catatan atau review dari SPI, RAB tersebut bisa dilaksanakan,” jelas Dr. H. Masmin Afif, M.Ag., Kepala Biro Administrasi, Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Purwokerto.

“Terima kasih kepada Tim Audit Irjen Kemenag, masukan-masukan yang kami dapatkan bisa sebagai bahan perencanaan kegiatan untuk tahun-tahun selanjutnya. Catatan dari Tim Audit akan kami gunakan sebaik-baiknya untuk acuan perbaikan tahun berikutnya,” ungkap Masmin. (Tim Media 2021)

 

Print Friendly, PDF & Email