IAIN PURWOKERTO TINGKATKAN RISET BERKUALITAS MELALUI PELATIHAN PENELITIAN BERORIENTASI PUBLIKASI

Purwokerto– IAIN Purwokerto terus meningkatkan riset yang berorientasi publikasi. Sehingga Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melakukan Pelatihan Penelitian Berorientasi Publikasi. Acara tersebut diikuti oleh 150 peserta dari para dosen dan peneliti baik di lingkungan IAIN Purwokerto maupun dari luar. Pelatihan digelar dengan blender system   yaitu melalui zoom meeting dan tatap muka. (15/03/2021)

Menghadirkan pembicara Prof. Dr. Irwan Abdullah, Guru Besar Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada.

Menurut Irwan, kunci agar jurnal bisa publish harus meneliti tentang fenomena. Fenomena yang sedang tren, kontroversi, dan sesuatu yang mengancam.

“Kunci agar jurnal bisa laku dipublish harus meneliti tentang fenomena. Fenomena harus berdasar pada 3 hal yaitu sesuatu yang sedang tren, kedua sesuatu yang bersifat kontroversi, ketiga sesuatu yang mengancam seperti intoleransi dan disintegrasi. Jika tidak memuat hal di atas maka di mungkinkan tulisan kurang di minati publik,” jelas Irwan.

Dari LPPM, Ahmad Muttaqin menjelaskan bahwa publikasi hasil penelitian di berbagai media merupakan tanggung jawab akademik dan bentuk akuntabilitas kepada masyarakat.

“Hasil-hasil penelitian penting disebarluaskan kepada masyarakat melalui media-media ilmiah dan populer. Selain sebagai tanggung jawab akademik, penyebarluasan menjadi bentuk akuntabilitas kepada masyarakat. Untuk memudahkan proses itu, penelitian sejak awal didesain mengarah pada publikasi,” jelas Ahmad Muttaqin.

Melalui pelatihan ini diharapkan para peneliti di IAIN Purwokerto dapat menghasilkan riset yang berkualitas dan terpublikasi di berbagai media. (Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email