IAIN Purwokerto seleksi 2160 calon mahasiswa baru melalui jalur Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SSE UM-PTKIN) tahun 2021

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto bersama dengan 57 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia secara serentak melakukan ujian masuk calon mahasiswa baru melalui jalur Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SSE UM-PTKIN 2021). Ujian SSE UM-PTKIN tahun 2021 dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 24, 25, dan 27 Mei 2021.  Ujian masuk dengan model SSE diselenggarakan sebagai respon kebutuhan penyelenggaraan sistem seleksi ujian masuk calon mahasiswa baru PTKIN di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

 

Melalui sistem SSE, calon mahasiswa baru melaksanakan ujian secara daring dari rumah masing-masing menggunakan perangkat smartphone android / iOS, laptop, dan komputer desktop berkamera dan bermikrofon.  Setiap peserta ujian harus terkoneksi ke jaringan internet stabil untuk dapat login ke sistem ujian SSE.  Materi ujian berjumlah 125 soal dan terdiri dari materi tes potensi akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, materi keislaman (Al-Qur’an Hadist, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Fiqh), Kemampuan IPA terpadu (Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi), kemampuan IPS terpadu (Sosiologi, Ekonomi, Sejarah), serta materi Baca Tulis Al-Qur’an.

 

Jumlah peserta  ujian daring yang melaksanakan SSE UM-PTKIN 2021 di Panitia lokal IAIN Purwokerto adalah sebanyak 2160. Seluruh peserta ujian bersaing memperebutkan bangku calon mahasiswa baru IAIN Purwokerto tahun akademik 2021/2022  di 21 Program Sarjana S1 dan tersebar di 5 Fakultas.  Ujian secara daring ini dilaksanakan dalam 9 sesi.  Setiap sesi diikuti oleh sebanyak 240 peserta ujian yang terbagi ke dalam 12 ruang virtual dan diawasi 1 orang pengawas ruang dan 1 orang penanggung jawab IT.  Pengawas ruang diberikan kewenangan untuk mengawasi peserta ujian melalui aplikasi pengawas ujian termasuk memberikan teguran kepada peserta yang melakukan pelanggaran ketentuan ujian yang tertulis di dalam Prosedur Operasional Baku ujian berdasarkan screenshoot di aplikasi pengawas.

 

Setiap peserta SSE UM-PTKIN 2021 diperbolehkan memilih maksimal 3 program studi yang diminati.  Total peminat SSE UM-PTKIN 2021 yang memilih program studi di IAIN Purwokerto adalah sebanyak 2340 orang.  Program studi di IAIN Purwokerto yang paling diminati oleh peserta SSE UM-PTKIN 2021 dari seluruh Indonesia adalah program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan jumlah peminat 729 calon mahasiswa, program studi Ekonomi Syariah (ESY) dengan jumlah peminat 577 calon mahasiswa, dan program studi Perbankan Syariah (PSY) dengan jumlah peminat 413 calon mahasiswa.

 

Tahun 2021 menjadi tahun terakhir penyelenggaran SSE UM-PTKIN untuk Panitia Lokal IAIN Purwokerto. Secara nomenklatur kelembagaan, IAIN Purwokerto diharapkan telah beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) pada pertengahan tahun 2021 sehingga penyelenggaraan SSE UM-PTKIN tahun 2022 diselenggarakan oleh Panitia Lokal UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.  (Tim SSE UM-PTKIN 2021 IAIN Purwokerto)

Print Friendly, PDF & Email