IAIN PURWOKERTO SEGERA MENJADI UIN SAIZU

Purwokerto–Perjuangan panjang Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto untuk naik status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Prof. Dr. KH Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) sudah terjawab usai Rektor IAIN Purwokerto Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag menghadiri rapat konsultasi dan mediasi yang dipimpin langsung  oleh Ketua DPD RI  AA  LaNyalla Mahmud Mattaliti dan Wakil Ketua Nono Sampono serta Sultan Baktiar Najamudin, bersama Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo. Rapat konsultasi dan mediasi berlangsung di rumah dinas Ketua DPD RI, (16/7/2020).

Dalam rapat konsultasi dan mediasi tersebut dicapai kata sepakat bahwa awal Agustus semua proses alih status akan selesai.

Kata sepakat  mengerucut setelah Menag RI Fachrul Razi menyatakan akan merevisi PMA nomor 15 tahun 2014 tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaannya, untuk disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah nomor 46 tahun 2019 tentang pendidikan tinggi keagamaan.

“Saya rasa dengan penyesuaian itu sudah menjadi jalan keluar. Nanti saya minta pejabat di Kemenag untuk secepatnya melakukan revisi, paling tidak akhir Juli ini selesai. Penyesuaian tentu dengan memberi pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing IAIN untuk diberi kesempatan melakukan peningkatan grade,” jelas Menag Fachrul Razi

Dalam rapat konsultasi dan mediasi tersebut, baik Kemenag maupun KemenPAN-RB sepakat untuk secepatnya memproses alih status IAIN menjadi UIN.

Rektor IAIN Purwokerto Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses alih status IAIN Purwokerto menjadi UIN SAIZU.

“Alhamdulillah, proses IAIN Purwokerto untuk naik status menjadi UIN SAIZU semakin nyata dan dekat. Hal ini merupakan hadiah untuk semua komponen kampus atas kerja kerasnya selama ini,” ungkapnya.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Bapak LaNyalla Mahmud Mattaliti ketua DPD RI beserta Sekjennya yang telah memfasilitasi dan memberikan dukungan.”

“Terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Menteri Agama dan MenPAN-RB atas perhatiannya.”

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jateng, Bupati, dan Wakil Bupati Banyumas, juga Bupati Purbalingga dan Pemkab yang lain atas dukungannya kepada kampus kami, semoga UIN SAIZU segera menjadi kenyataan,” tambahnya.

Harapan besar keberhasilan alih status IAIN Purwokerto menjadi UIN SAIZU dapat membawa perkembangan kampus lebih maksimal. Sehingga, semakin sukses dalam menanamkan ilmu keislaman dan nilai-nilai budaya, mencetak generasi muda yang unggul dan Islami agar terwujud masyarakat berkeadaban.

. * Foto ISTIMEWA. Rektor IAIN Purwokerto Dr. H. Moh. Roqib, M.Ag (keempat, kanan) setelah mengikuti rapat konsultasi dan mediasi pengalihan status IAIN ke UIN. Jakarta, Kamis (16/7).

Print Friendly, PDF & Email