IAIN Purwokerto Segera Menjadi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

IAIN Purwokerto bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Transformasi Kelembagaan IAIN Purwokerto Menuju UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri dalam rangka Percepatan Daerah” bertempat di Seminar Hall “Graha Adiguna”, Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Purbalingga, kota Purbalingga, Selasa 29 Oktober 2019.

Hadir sebagai pembicara utama, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Kemenag RI H.M. Adib Abdushomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D. yang memaparkan posisi IAIN Purwokerto dalam proses alih status menuju UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU), sementara Dr. Fauzi, M.Ag. bertindak menjadi moderator.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II, Dr. Ridwan, M.Ag.  menyampaikan terima kasih kepada Bupati Purbalingga juga kepada seluruh tamu undangan yang hadir. “Secara prinsip, nilai IAIN Purwokerto sudah cukup untuk beralih status menjadi UIN. Salah satu kiriteria menjadi UIN adalah infrastruktur, kampus harus memiliki lahan minimal 25 hektar, sementara idealnya adalah 50 hektar. IAIN Purwokerto bersinergi dengan Pemda Purbalingga dalam upaya mewujudkan program pengembangan tersebut. Disamping itu, keberadaan UIN di Purbalingga akan meningkatkan Human Development Index Kabupaten Purbalingga.” Demikian disampaikan oleh Dr. Ridwan, M.Ag.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ., M.M., dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara tersebut antara lain menyampaikan terima kasih kepada Rektor yang telah menginisiasi acara ini, juga Bapak Kasubdit, dan semua tamu undangan yang dapat menghadiri seminar tersebut. “Kami mendukung penuh rencana pengembangan IAIN Purwokerto menjadi UIN SAIZU yang bangunannya akan diperluas di Purbalingga. Dengan berdirinya UIN SAIZU di Purbalingga akan memberikan multi-player effect, dapat mengembangkan UIN Saizu sesuai grand designnya, di sisi lain juga akan memberikan banyak manfaat bagi Kabupaten Purbalingga untuk meningkatkan Human Development Index dan ekonomi.” Demikian disampaikan.

Pada sesinya, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam H.M. Adib Abdushomad, M.Ag., M.Ed., Ph.D. antara lain menyampaikan bahwa IAIN Purwokerto sudah eligible untuk bertransformasi menjadi UIN Saizu, bahkan jika dilihat, nilainya berada pada peringkat Ke-3 dari seluruh IAIN yang mengajukan. Nilai IAIN Purwokerto saat ini adalah 324, sudah berada di atas nilai minimal yakni 300. Selanjutnya, beliau menambahkan bahwa support dari local government sangat penting dalam proses ini, beliau berbangga karena dukungan pemerintah Purbalingga begitu tinggi, juga dukungan dari Gunernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo yang telah memberikan dukungannya ketika Rektor IAIN dan rombongan berkunjung ke Semarang.

Menutup sesi presentasinya, Bapak Adib Abdushomad, Ph.D. berpesan bahwa PTKIN (Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) termasuk IAIN dan UIN yang memiliki visi mengembangankan Islam yang moderat (wasatiyyah) harus berperan aktif dalam men-counter faham-faham Islam radikal yang cukup santer ditemukan di perguruan-perguruan tinggi.

Sementara itu, Wakil Rektor I, Dr. Fauzi, M.Ag. dalam memoderasi seminar menyampaikan perkembangan IAIN Purwokerto pada saat ini, juga prosepek kedepan antara lain pembukaan fakultas-fakultas baru sebagai pengembangan IAIN menjadi UIN SAIZU antara lain: Fakultas Psikologi, Sain dan Teknologi, Teknik, dan Ilmu Budaya dan Bahasa, yang rencananya akan didirikan di Purbalingga.

Beliau berharap, semoga Purbalingga menjadi tempat bersemainya UIN SAIZU, sehingga dapat meningkatkan Human Development Index, dan ekonomi masyarakat sekitar, serta dapat menjadi basis Islam wasatiyyah dan rohmatan lil alamin bukan menjadi rumah kelompok-kelompok Islam yang bertolak belakang.

Seminar dihadiri oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, S.E., B.Econ., M.M., Kepala DPRD Purbalingga, Bambang Irawan, Wakil Rektor I, Dr. Fauzi, M.Ag., Wakil Rektor II, Dr. Ridwan, M.Ag., Wakil Rektor III, Dr. Sulhan Chakim, M.M., para pejabat IAIN Purwokerto meliputi Kepala Senat, Direktur Pascasarjana, para Dekan, Wakil Dekan dan sekiatar 100an tamu undangan peserta seminar yang terdiri dari para pejabat dan pegawai kedinasan pemerintah daerah Purbalingga, Ketua MUI, para Pimpinan Pesantren, Kepala Sekolah SMA/SMK/MA yang berada di kabupaten Purbalingga.

Print Friendly, PDF & Email

Kata kunci Anda:

iain purwokerto jadi uin