IAIN PURWOKERTO RESMI MENJADI UIN SAIZU

Purwokerto— Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menetapkan bahwa IAIN Purwokerto resmi alih status menjadi Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2021. (11/05/2021)

Dalam Perpres tersebut presiden menimbang bahwa dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan proses integrasi ilmu Agama Islam dengan ilmu lain serta mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, perlu menetapkan Peraturan Presiden tentang UIN SAIZU Purwokerto dari yang sebelumnya berbentuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Purwokerto.

Dengan Peraturan Presiden No 41 tahun 2021 ini,  UIN SAIZU Purwokerto sebagai perubahan bentuk dari IAIN Purwokerto. Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto merupakan perguruan tinggi di lingkungan kementerian agama yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama.

Semua kekayaan, pegawai, hak, dan kewajiban dari Institut Agama Islam Negeri Purwokerto dialihkan menjadi kekayaan, pegawai, hak, dan kewajiban UIN SAIZU Purwokerto. Begitu juga semua mahasiswa dari IAIN Purwokerto dialihkan menjadi mahasiswa UIN SAIZU Purwokerto.

UIN SAIZU Purwokerto mempunyai tugas menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu agama Islam. Selain menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu Agama Islam, UIN SAIZU Purwokerto dapat menyelenggarakan program pendidikan tinggi ilmu lain atau membuka program studi cabang ilmu lain untuk mendukung penyelenggaraan program pendidikan tinggi ilmu Agama Islam tersebut.

Beralihnya IAIN Purwokerto menjadi UIN SAIZU berarti upaya menghadirkan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) yang mengintegrasikan keilmuan Islam dan umum menjadi kenyataan.

Selain itu, perlu diketahui memberikan  nama perguruan tinggi negeri agama Islam di Banyumas/ Purwokerto ini  dengan Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Itu dipilih untuk memotivasi semua komponen, utamanya para mahasiswa untuk mengikuti jejak intelektual beliau.

Sebagai; kiai/ulama, wartawan, penulis, dan politisi ulung.

Rektor UIN SAIZU Dr. Moh. Roqib, M.Ag mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan membantu dalam proses alih status IAIN Purwokerto menjadi UIN SAIZU.

“Kami, Rektor, Wakil Rektor, dan semua pimpinan mengucapkan terima kasih kepada para pejabat senior dan seluruh keluarga besar IAIN Purwokerto atas kelahiran UIN SAIZU. Ini adalah prestasi kita semua. Semoga UIN SAIZU membawa berkah manfaat untuk kita, umat, bangsa, negara, dan agama. Amin ya rabbal alamin” ungkapnya. (Tim Media 2021)

Print Friendly, PDF & Email