IAIN PURWOKERTO RAIH PERINGKAT 2 PROGRAM E- STRATEGIC MANAGEMENT SYSTEM (E-SMS) IAIN SE- INDONESIA

 

Purwokerto–Torehan prestasi IAIN Purwokerto di tahun2020 terukir melalui pencapaian peringkat 2 nasional PTKIN IAIN se-Indonesia pada program penilaian Sistem Manajemen Strategis (SMS). Capaian prestasi ini menjadi bukti kinerja pimpinan dan civitas akademika IAIN Purwokerto pada aspek pengembangan  tata kelola kampus yang modern dan profesional. Skor nilai yang diraih IAIN Purwokerto sebesar 3.041,91, sebuah nilai dengan predikat sangat baik, dan hanya selisih 1,76 dari peringkat pertama 3.043,67 yang diraih oleh IAIN Salatiga, disusul IAIN Bengkulu dengan skor nilai 2.775,18.

 

“Alhamdulilah, semoga berkah untuk semua. Prestasi peringkat ke-2 E-SMS ini sebagai bukti keseriusan semua pimpinan dari Rektorat sampai unit-unit kerja teknis untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas. Prestasi ini merupakan hadiah kerja keras semua pihak. Semoga prestasi ini ke depan semakin meningkat, dan IAIN Purwokerto semakin siap menjadi Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU). Terimakasih untuk Tim. ‘Jazakumullah ahsanal jaza’. Selamat,” jelas Dr. H. Moh. Roqib, M. Ag, Rektor IAIN Purwokerto.

Sementara itu Wakil Rektor 2, Dr. H. Ridwan, M. Ag yang juga Ketua Tim E- SMS IAIN Purwokerto  menyatakan  bahwa program Strategic Management System (SMS) ini merupakan upaya pemeringkatan bagi PTKIN dalam rangka peningkatan tata kelola Perguruan Tinggi menuju Good University Governance. IAIN Purwokerto oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI.) ditunjuk menjadi salah satu PTKIN Piloting program E-SMS tahun 2019.  Capaian peringkat 2 nasional ini bagi IAIN Purwokerto menjadi salah satu modal penting dalam menambah percaya diri kampus IAIN Purwokerto untuk bertransformasi menjadi UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

 

Ditjen Pendis Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag RI mendesain program E-SMS sebagai indikator penilaian yang sistematis dan terukur untuk menilai Kerangka Pengembangan dan Tata Kelola PTKIN. SMS memetakan grand design pengembangan PTKIN. Tahapan pengembangan PTKIN yang diharapkan tercapai berdasarkan kerangka SMS adalah: Pertama, Good University Governance (GUG); Kedua, University’s Performance Improvement (UPI); Ketiga, Competitive Advantages University( CAU); dan Keempat, Global Recognition University (GRU). Semua indikator penilaian menjadi gambaran tentang performance tata kelola kampus yang modern. Indikator tersebut telah dicapai IAIN Purwokerto dengan predikat sangat baik. Selamat! (Tim Media 2020)

Print Friendly, PDF & Email