IAIN Purwokerto Launching Halal Center

Purwokerto— Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAIN Purwokerto launching Halal Center sekaligus gelar Webinar dengan tema ” Jaminan Produk Halal dan Penguatan Kompetitif UMKM ” secara online yang diikuti oleh 300 peserta dari kalangan praktisi ekonomi, akademisi, dan masyarakat umum. Webinar  dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting dan Live Streaming Youtube. (06/11/2020).

Webinar nasional ini menghadirkan dua narasumber, yang pertama Prof. Ir. Sukoso, M.Sc., Ph.D., yang menjabat sebagai Kepala BPJPH Kementerian Agama RI, dan , Ahmad Muttaqin, M.Si., Dosen fakultas Dakwah IAIN Purwokerto yang menjabat sebagai Kapuslit LPPM IAIN Purwokerto, dengan moderator Dani Kusumastuti, M.Si., dosen IAIN Purwokerto yang juga sebagai fasilitator pengembangan UMKM dan Koperasi di Kopkun Institut.

“Halal center adalah lembaga baru yang nantinya bisa bermitra dengan BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) sebagai lembaga yang diberi kewenangan untuk pemeriksaan kehalalan sebuah produk. Masyarakat harus terjaga dan terjamin konsumsi yang berasal  dari para pelaku usaha yg memenuhi standarisasi kehalalan,” jelas Dr. Fauzi, M.Ag, selaku Wakil Rektor I.

“UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) membutuhkan jaminan halal karena UMKM telah membuktikan sebagai sektor usaha yang paling bisa bertahan dalam berbagai situasi, UMKM juga bersifat holistic yaitu menggabungkan aktivitas ekonomi dengan aktivitas kehidupan sosial masyarakat, dan juga produk UMKM memiliki keterkaitan langsung dengan kebutuhan dasar,” papar Ahmad Muttaqin.

Prof. Ir. Sukoso, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa jika produk UMKM sudah bersertifikat halal maka produk UMKM tidak akan tersaingi dengan produk negara tetangga karena Indonesia sudah menerapkan Masyarakat Ekonomi Asean pada tahun 2015. Produk yang masuk ke negara kita dengan label halal akan lebih disukai masyarakat dari pada barang produk UMKM yang belum bersertifikasi halal. Proses sertifikat halal ini melalui MUI sebagai penentu sidang fatwa kemudian BPJPH yang mengeluarkan sertifikat halal.

“Dengan webinar ini kami mengajak para pelaku UMKM agar mendapat pencerahan, penjelasan bahwa labelling halal atau sertifikasi halal itu penting dan peserta bisa mendapatkan gambaran bagaimana proses pengajuan labelisasi tersebut yang ternyata tidak rumit, dan bahkan Pemda pun memfasilitasi biaya untuk pengajuan produk halal,” jelas Dr. Ansori, M.Ag sebagai kepala LPPM IAIN Purwokerto. Tim Media 2020

Print Friendly, PDF & Email