IAIN Purwokerto Lanjutkan MoU dengan JISDA Thailand

IAIN Purwokerto kembali bekerjasama dengan Jami’ah Islam Syaikh Daud Al Fathani (JISDA) Thailand terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerjasama  ditujukan untuk meningkatkan kemampuan institusional, mengembangkan akses pertukaran informasi dan bekerjasama dalam pengembangan program studi, pertukaran mahasiswa, dosen dan staf.

Rektor IAIN Purwokerto Moh. Roqib berharap Mou ini bisa lebih menguatkan dari Mou sebelumnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas meliputi lembaga, seluruh fakultas termasuk perpustakaan.kerjasama IAIN Purwokerto dengan JISDA Thailand

Menurut Rektor, semangat yang diusung dalam Mou ini adalah terdapat banyak kesamaan antara masyarakat Indonesia dan Pattani Thailand seperti agama, bahasa, budaya, cuaca dan lain-lain.

“ini bisa menjadi embrio yang akan menyebar ke beberapa negara, kebetulan IAIN Purwokerto akan mengembangkan kajian Melayu Raya di kawasan Asia Tenggara. Sehingga Islam melayu bisa menjadi daya tarik dengan dakwah yang ramah, “Kata Moh. Roqib di Gedung Rektorat, Ahad (28/07).

Sementara itu Rektor JISDA Abdulrasyid Hamee’ yae mengucapkan terimakasih telah memberi kepercayaan kepada JISDA untuk melanjutkan MuO, semoga apa yang diinginkan dalam MoU ini menjadi suatu kenyataan.

Abdulrasyid bersyukur IAIN Purwokerto memberi ruang tukar menukar pengalaman dan sokongan untuk mengembangkan JISDA dan Alhamdulillah 22 mahasiswa kami yang lulus S2 di IAIN Purwokerto sudah berderma di tanah air Thailand.

“satu rumpun memberi semangat kami belajar di Indonesia, yang tidak hanya mendapatkan ilmu saja tetapi juga akhlak yang baik dengan dididik dan diasuh, “ungkap Abdulrasyid.

“Dan kami berterimakasih atas sokongan IAIN Purwokerto memberikan bantuan pengembangan kurikulum kepada Fakultas Tarbiyah JISDA, “tutupnya.

Hingga saat ini IAIN Purwokerto telah meluluskan 12 mahasiswa S1 Thailand, sedangkan yang masih belajar di IAIN Purwokerto sebanyak 49 mahasiswa baik yang transfer maupun S1 penuh.

Turut hadir dari pihak IAIN Purwokerto Wakil Rektor I Fauzi, Wakil Rektor II Ridwan, Wakil Rektor III Sulchan Chakim, Direktur Pasca Sarjana Prof. Sunhaji, Dekan FTIK Suwito, Dekan FEBI Jamal Abdul Azis, Dekan Fakultas Syariah Supani dan Kepala Biro Masmin Afif. Sedangkan dari pihak JISDA yang turut menyaksikan adalah Wakil Rektor II Kasim Asman dan Wakil Rektor IV Mokhtar Hayi. (acm)

Print Friendly, PDF & Email