IAIN PURWOKERTO KOKOHKAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN MODERASI BERAGAMA

Purwokerto—IAIN Purwokerto menggelar workshop wawasan kebangsaan dan moderasi beragama  yang diikuti oleh dosen CPNS dan dosen tetap non PNS di Hall perpustakaan IAIN Purwokerto, Kamis (27/02/2020). 

Dosen sebagai tenaga pendidik harus memiliki pemahaman keagamaan yang moderat dan toleran baik dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam lembaga pendidikan. “Oleh karena itu, workshop ini diharapkan mampu membangun kesadaran kolektif dan membuka ruang toleransi sehingga dapat mempraktikkan agama secara adil dan berimbang. Para dosen di lingkungan IAIN Purwokerto harus menangkal arus gerakan Islam radikal berbasis agama dengan melakukan kerjasama sinergis dalam mengeleminir ruang gerak faham Islam radikal” kata Wakil Rektor II IAIN Purwokerto Dr. Ridwan, M.Ag saat membuka acara. 

Terdapat beberapa narasumber yaitu Dr. Fauzi, M.Ag (Wakil Rektor I IAIN Purwokerto) menyampaikan materi strategi pengarusutamaan moderasi beragama di IAIN Purwokerto. Dr. Sulkhan Chakim, M.M (Wakil Rektor III IAIN Purwokerto) dengan materi pemanfaatan media sosial untuk aksi moderasi beragama.  Dr. Ridwan, M.Ag (Wakil Rektor II IAIN Purwokerto) menyampaikan materi Islam dan wawasan kebangsaan: Mengangkal arus gerakan Islam radikal berbasis agama, dan Marwardi, M.Ag (Dosen Fakultas Syariah IAIN Purwokerto) menyampaikan materi pemetaan keberagaman di Indonesia dan tantangan kehidupan berbangsa. 

Dari pemaparan narasumber di atas, seluruh civitas akademika IAIN Purwokerto terutama dosen sebagai tenaga pendidik mempunyai kewajiban untuk andil dalam mengatasi radikalisme di lingkungan kampus dan masyarakat dengan merevitalisasi moderatisme beragama secara lebih maksimal, penguatan pemanfaatan teknologi informasi dalam menyebarkan ide, paham dan spirit moderat serta memiliki komitmen dalam mendampingi masyarakat untuk menyuarakan moderatisme beragama. (Tim Media)

Print Friendly, PDF & Email