IAIN PURWOKERTO KEMBALI KUKUHKAN GURU BESAR

Purwokerto–Dr. Fauzi, M. Ag. dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan IAIN Purwokerto bertempat di Auditorium IAIN Purwokerto dan diberi gelar professor. (13/03/2021)

Sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan guru besar tersebut digelar secara blended system, yaitu selain dihadiri oleh segenap tamu undangan terbatas di lokasi juga disiarkan dan dapat disaksikan oleh segenap audien melalui kanal sosial media  resmi IAIN Purwokerto.

Pengukuhan dilakukan oleh Rektor IAIN Purwokerto, Dr. H. Moh. Roqib, M. Ag. dengan disaksikan oleh segenap tamu undangan yaitu sejumlah civitas akademika IAIN Purwokerto, para pimpinan perguruan tinggi, pimpinan ormas Islam, sejumlah pejabat sipil di wilayah Banyumas, serta dihadiri pula oleh kerabat dekat Prof. Dr. Fauzi, M. Ag.

Dalam orasi ilmiah berjudul “Menguatkan Peran Keluarga dalam Ekosistem Pendidikan” tersebut disampaikan tiga gagasan penting yaitu  pentingnya kehadiran penyuluh keluarga, guru keluarga, dan keluarga penggerak dalam menguatkan pendidikan keluarga. Keberadaan penyuluh keluarga sebagai representasi kehadiran pemerintah bertugas dalam memberikan pendampingan dan bimbingan pendidikan pada keluarga.

Melalui penyuluh keluarga, maka kesadaran dan pengetahuan tentang pendidikan yang baik dalam keluarga bisa diwujudkan. Sedangkan melalui guru keluarga, sebagai representasi sekolah, maka keterlibatan guru keluarga dengan orang tua dapat diwujudkan dalam kolaborasi menjadi guru terbaik buat anak atau siswa. Melalui mediasi guru keluarga, keluarga akan terlibat langsung dalam kegiatan untuk memajukan pendidikan di sekolah.

Sementara itu, melalui keluarga penggerak kegiatan-kegiatan pendidikan di masyarakat bisa dilakukan. Kegiatan pendidikan masyarakat ini akan membangun kesadaran pentingnya pendidikan keluarga bagi para orang tua. Melalui kolaborasi dan sinergi penyuluh keluarga, guru keluarga, dan keluarga penggerak inilah peran keluarga.

Rektor IAIN Purwokerto, Dr. H. M. Roqib, M. Ag. dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya pada tema yang ditawarkan oleh Prof. Dr. Fauzi, M.Ag. Beliau menyampaikan bahwa hal tersebut  merupakan gagasan dinamis yang mencoba membuka tabir potensi yang luar biasa dari suatu keluarga hebat dalam pendidikan anak. Keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama yang menentukan warna dan masa depan anak. Kesuksesan masa depan anak sudah dirintis dan dipola lebih awal oleh keluarga mashlahah ini. Tradisi edukatif dalam keluarga memberikan peluang besar bagi anak untuk memperoleh kesejahteraan dan kebahagiaannya kelak.

“Segenap civitas akademika IAIN Purwokerto, mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. Fauzi, M. Ag. yang telah menghadirkan pemikiran dinamis tentang peran edukatif keluarga. Kami semua menunggu bagaimana konsep ini diaplikasikan dan menjadi kenyataan dalam kehidupan keluarga muslim. Tampilan keluarga ideal seperti ini merupakan bagian dari dakwah Islamiyah yang memiliki manfaat nyata dalam kehidupan. Semoga ide dan gagasan ini membawa berkah dan manfaat bagi umat dan yang bersangkutan,” tutur Rektor IAIN Purwokerto.

Rektor juga berharap agar semua dosen IAIN Purwokerto yang segera beralih status menjadi UIN Saizu mempunyai tekad yang kuat untuk menjadi guru besar.

“Tekad kami sebagai rektor, ke depan semua dosen UIN Saizu, tidak akan pensiun sebelum menjadi Guru Besar. Ini impian dan cita-cita kita semua, semoga dikabulkan oleh Allah SWT,” pungkasnya. (Tim Media 2021)

 

Print Friendly, PDF & Email