IAIN PURWOKERTO KEMBALI JALANI VISITASI ALIH STATUS MENJADI UIN SAIZU

Purwokerto–IAIN Purwokerto kembali menjalani visitasi terkait proses alih status menjadi UIN Prof. Kiai Haji Syaifuddin Zuhri (UIN Saizu). Proses visitasi tersebut boleh dikatakan sebagai final visitasi sebelum dokumen resmi terkait alih status diresmikan oleh Kemenag RI dan Presiden RI pada Sabtu (10/04).

Agenda visitasi yang dilaksanakan oleh staf khusus Menag RI ini di antaranya untuk memverifikasi dan validasi data-data persyaratan pengajuan alih status menjadi UIN, seperti mengecek luas lahan, jumlah SDM di IAIN Purwokerto, hingga mengecek fasilitas kampus seperti perpustakaan dan laboratorium. Hasil dari visitasi yang dilaksanakan masuk kategori sangat memenuhi.

 

Dalam kesempatan tersebut, Stafsus Menag RI, Mahmud Syaltout Syahidulhaq dan Atthur Sahadewa Widjaja, juga berkesempatan menjadi narasumber dalam FGD dengan tema “FGD Kelembagaan dan Tata Kelola Jurnal” yang dilaksanakan di Hall Perpustakaan IAIN Purwokerto pada Sabtu (10/4). Kegiatan yang dibuka oleh Rektor IAIN Purwokerto dan dimoderatori oleh Wakil Rektor II IAIN Purwokerto tersebut dihadiri sejumlah pimpinan, para dekan, dan dosen dengan jumlah yang terbatas mengingat kondisi pandemi.

Dalam kegiatan tersebut, para pemateri memberikan beberapa proyeksi pengembangan UIN Saizu ke depan, di antaranya saran untuk mengembangkan ilmu-ilmu umum berbasis potensi lokal (local wisdom) di wilayah Banyumas. Pengembangan tersebut dapat direalisasikan misalnya dengan membuka jurusan geologi maupun geografi, mengingat IAIN Purwokerto terletak di daerah yang potensial dan dekat dengan potensi sumber daya alam seperti Gunung Slamet.

“Mengingat prinsip jabalul hikmah, IAIN Purwokerto bisa memanfaatkan potensi gunung sebagai sumber daya alam yang komponen-komponennya bisa dieksplorasi untuk memperkuat basis keilmuan bahkan perekonomian masyarakat sekitar,” tutur Mahmud Syaltout Syahidulhaq.

Tidak hanya itu, Atthur Sahadewa Widjaja, juga menyampaikan bahwa pihaknya siap mengasistensi terkait publikasi internasional dan koneksi pada para stake holder pengembangan UIN Saizu ke depan. (Tim Media 2021)

 

Print Friendly, PDF & Email