IAIN Purwokerto Gelar Upacara HAB ke-74 Kemenag RI

Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama RI, seluruh sivitas akademika termasuk rektor, para wakil rektor, kepala biro, para dekan, dan seluruh dosen dan staff mengikuti upacara bendera di halaman FTIK pada Jumat, 3 Januari 2020. Hari Amal Bakti yang merupakan hari ulang tahun berdirinya Kementerian Agama RI tahun ini mengusung tema “Umat Rukun, Indonesia Maju”.

“Hari ini, kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama” demikian antara lain isi amanat Menteri Agama RI yang disampaikan oleh Rektor IAIN Purwokerto, Dr. K.H. Moh. Roqib, M.Ag. pada saat Amanat Pembina Upacara.

Dalam kesempatan memperingati Hari Amal Bakti Ke-74 Kementerian Agama, secara khusus  Menteri Agama RI mengajak jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk memperhatikan 6 (enam) hal sebagai berikut:

  1. Pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara;
  2. Jaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan;
  3. Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan;
  4. Perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat;
  5. Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.
  6. Implementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Menutup amanatnya, Rektor menyampaikan kepada para peserta upacara untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah untuk para Alim Ulama perintis Kemnterian Agama pada umumnya dan kepada para perintis IAIN Purwokerto khususnya, yang telah berjuang mendirikan institusi ini pada tahun 1962 kemudian dinegerikan pada tahun 1964, diantara mereka ada yang sudah wafat ada juga yang masih hidup, semoga kita semua dapat meneruskan perjuangan beliau-beliau.

Upacara berlangsung dengan lancar, diikuti dengan acara Khotmil Quran di lantai 1 gedung Rektorat IAIN Purwokerto.

Print Friendly, PDF & Email