IAIN Purwokerto Alih Status Menjadi Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri, Kampus Megah Segera Dibangun di Purbalingga

Purwokerto— Pembangunan Universitas Islam Negeri (UIN) Saifuddin Zuhri, di Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara Purbalingga, akan dimulai tahun 2021 ini. Proses pembangunan akan dilaksanakan bertahap selama kurang lebih lima tahun. Proyek yang akan dilaksanakan mulai tahun ini hingga 2025 ini membutuhkan anggaran sekitar Rp 150 miliar.

“Kampus di Karangsentul akan dibangun dengan skema multiyears mulai dari 2021 sampai 2024 atau 2025. Untuk tahun 2021, rencanannya akan dimulai pembuatan pagar keliling dari anggaran DIPA IAIN Purwokerto,” jelas Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto Dr. H. Mohammad Roqib M.Ag., saat audiensi dengan Bupati Purbalingga beserta jajarannya, Selasa (16/03/2021).

 

Selanjutnya, di tahun 2022-2024, akan dimulai pembangunan gedung-gedung kampus. Dana yang digunakan bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Diharapkan tahun 2022 akan dilakukan pembangunan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek). Tahun 2023 proses pembangunan Kampus Industri Kreatif dan 2 Laboratorium dan Tahun 2024 dilaksanakan pembangunan Auditorium. Di tahun terakhir, 2025 masjid Kampus UIN Saizu akan dibangun 2 lantai dengan kapasitas 2000 jamaah. Di depannya akan dibangun pula sebuah danau sebagai daya tarik tersendiri,” tambah Roqib.

 

Selanjutnya yang perlu ditindaklanjuti adalah adalah upaya mendampingi kegiatan pembangunan secara fisik dengan bebarapa program. Pertama, program pengabdian untuk menyentuh kebutuhan masyarakat di sekitar Karangsentul dan Karangjengkol. Kedua, mengkonkritkan MoU dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDPT) untuk 4 desa di sekitar Karangkjengkol menjadi desa model yang didesain kampus UIN Saizu dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga sebagai hasil tindak lanjut dengan MoU Kemendes PDPT. Ketiga, mendesain tanah di Karangjengkol untuk kepentingan pembangunan kedepannya, dan selanjutnya tanah di Karangsentul dengan grand design yang sudah siap dilaksanakan.

 

Diharapkan Kampus UIN Saizu di Purbalingga menjadi kampus wisata edukasi nan religious.

 

(Tim Media 2021)

 

 

Print Friendly, PDF & Email